6/8/17

Cara menyembunyikan foto dan video di Android tanpa aplikasi tambahan

Hallo bos... Pada kesempatan kali ini Cara uhuy akan berbagi tutorial yaitu cara menyembunyikan foto dan video rahasia di Android tanpa menggunakan aplikasi tambahan agar aman dari tangan-tangan jahil meskipun hp tidak kita kunci dengan pola atau password.

Biasanya orang-orang kalau menyembunyikan file foto maupun video karena tidak ingin ada seorang pun yang mengetahuinya, mereka menggunakan aplikasi hidden file android yang didownload dari Playstore. Namun sebenarnya jika kita jeli, foto dan video tersebut bisa disembunyikan tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Berikut Cara menyembunyikan foto dan video tanpa aplikasi tambahan


Untuk menyembunyikan foto dan video di android, silahkan masuk terlebih dahulu ke aplikasi file saya atau file manajer. Aplikasi File Manager ini biasanya pada tiap ponsel Android selalu ada. Tidak mungkin nggak ada kalau menurut saya.

Pertama-tama Kita buka file manager atau file saya.

Setelah File Manager dibuka, kemudian ada dua pilihan, Perangkat saya dan Kartu SD.
Cara menyembunyikan foto dan video di Android tanpa aplikasi tambahan


Saya sarankan untuk menyimpan foto dan video yang disembunyikan adalah di  Kartu SD (Micro SD). Dikarenakan supaya tidak mengganggu file sistem yang ada.

Sekarang kita buka (klik) untuk Kartu SD . Ada dua folder, Android dan DCIM.


Sekarang kita mencari file yang tersembunyi di file manager ini. Kita kembali terlebih dahulu. Klik seperti gambar dibawah


Setelah kembali. Kemudian lihat ada titik 3 pada pojok atas kanan. Dan klik.


Kemudian buka (klik) pengaturan 


Setelah pengaturan terbuka ada pilihan Tampilkan file yang tersembunyi.

Kita Centang untuk menampilkan file-file yang tersembunyi di kartu memori tadi ya.



 Kemudian kita kembali. Sekarang kita buka (klik) untuk folder kartu SD-nya.

Jika tadi hanya ada dua folder yaitu Android dan DCIM, sekarang ada folder baru yang bernama android_obb .

Dan folder ini bisa disembunyikan. nanti foto dan video yang akan kita sembunyikan kita masukkan ke folder ini.  dan setelah masuk nantinya folder ini disembunyikan.

Biasanya kita menyimpan foto dan video di kartu SD dan disimpan di DCIM. Dan itu sangat mudah di buka oleh orang lain. Dan untuk menyembunyikan semua foto dan video sangat mudah. Kita kembali pada folder DCIM. kita tekan dan tahan DCIM


Kmudian perhatikan titik tiga pada bagian atas. Klik titik tiga tersebut. Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Klik Pindahkan


Kemudian ada pilihan kartu SD, kita buka. Di sini bisa dilihat ada folder android_obb. dan folder ini adalah folder yang bisa disembunyikan. Oke kita buka (klik) untuk android_obb

kemudian klik selesai pada bagian atas.


Sudah selesai . sekarang untuk folder DCIM yang berisi foto dan video yang semuanya sudah masuk ke folder android_obb dan sudah disimpan di sini. Sekarang kita tinggal masuk ke pengaturan (titik 3 atas kanan) dan menyembunyikan kembali file android_obb.

Kita klik Pengaturan. Selanjutnya pada pilihan Tampilkan file yang tersembunyi, kita geser ke kiri.

Sekarang untuk foto dan video sudah berhasil disembunyikan.

Jika ada yang mau buka HP kita misalnya melalui galeri foto dan video, terlihat kosong untuk album gambar dan video semuanya nihil alias tidak ada.

Bagaimana, sangat mudah bukan.

Dan untuk menampilkan kembali gambar dan video tadi sangat mudah. Kita tinggal kembali ke file saya atau file manager untuk menampilkan foldernya.

Kita kembali kepada bagian titik 3 (pengaturan). selanjutnya Tampilkan file yang tersembunyi kita centang ke kanan. Maka foto dan video yang disembunyikan tadi sudah kembali bisa dibuka.

Begitulah teman-teman cara untuk menyembunyikan foto dan video di Android tanpa membutuhkan aplikasi tambahan lainnya. semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon