9/25/17

Penyebab File Video Rusak atau Corrupt sehingga Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya

File​ video rusak merupakan suatu hal yang bisa saja menimpa pada video siapa saja, termasuk video orang yang sedang membaca tulisan ini, tentu hal ini sebenarnya tidak Kamu inginkan kan, ya kan? apalagi kerusakan file video ini terjadi pada video Kamu yang penting, video yang sangat berharga bagi Kamu, Lalu apakah file video yang telah rusak atau corrupt sehingga tidak bisa di putar, bisa diperbaiki? Jawabannya bisa,  Kalau bisa bagaimana cara memperbaikinya? Baik , untuk lebih jelasnya silahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Kajadian yang Kamu alami juga pernah saya alami, beberapa hari yang lalu Saya membuka HP android Saya, setelah itu saya buka galeri video, kemudian saya menemukan salah satu file video saya rusak atau corrupt, ketika akan saya putar tidak bisa, saya berulang-ulang mencoba untuk memutarnya berharap agar bisa diputar, namun tetap saja tidak bisa dibuka, hal ini tentu sangat membuat saya kesal karena itu adalah video yang penting bagi saya, dan saya juga berusaha untuk memperbaikinya dengan cara mencopot memori card lalu saya memasang kembali, dengan harapan bisa dibuka, tetapi masih gagal, dan juga saya coba memasangnya di HP lain, tetap saja file video tersebut tidak terbaca, tidak terdeteksi, saya pun memastikan bahwa file video saya rusak . Lalu saya mencari-cari informasi tentang bagaimana cara memperbaiki file video yang rusak di Google, dari beberapa informasi yang saya dapatkan dari Google, saya akhirnya bisa memperbaiki file video yang rusak tersebut, dan caranya saya tulis di artikel ini , untuk membantu teman-teman yang sedang mengalami hal serupa dengan yang pernah saya alami.

Penyebab File Video Rusak atau Corrupt sehingga Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya

Jadi apabila video Kamu rusak jangan terburu-buru untuk menghapusnya, di coba terlebih dahulu untuk memulihkannya.

Sebelum kita membahas bagaimana cara memperbaikinya, lebih baiknya Kamu ketahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab file video rusak atau corrupt sehingga tidak bisa diputar


 File video  yang rusak banyak sekali penyebabnya, diantaranya karena saat saat kita merekam video baterai HP kehabisan daya ( mati ), bisa juga karena ada kesalahan saat transfer file video, rusak setelah di recovery, atau karena codec video tidak didukung, dan masih banyak penyebab yang lainnya.

Apabila video kamu rusak bukan karena sebab yang saya sebutkan tadi, rusak karena sebab yang lain, saya sarankan untuk tetap mencoba cara ini, karena siapa tau dengan cara yang mudah ini video kamu bisa kembali diputar.

Cara memperbaiki file video yang rusak atau corrupt


Cara ini sudah saya praktekkan secara langsung, dan saya sudah membuktikan keberhasilannya, video saya kembali normal.

Berikut langkah-langkahnya:
 1. Download  Aplikasi MP4fix Video Repair Tool.
Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store, untuk ukuran downloadnya tidaklah besar, sangat ringan yakni hanya 1,48 Mb.
Jika sudah selesai mendownload aplikasinya, lanjut ke langkah kedua.

 2. Instal Aplikasi MP4​fix Repair Tool.

 3. Setelah Aplikasinya terinstal buka aplikasi tersebut, setelah di buka maka aplikasi ini akan meminta perizinan, izinkan saja agar kita bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Pilih izinkan

Jika sudah, lanjut langkah selanjutnya.

 4. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa file video yang rusak. Pilih file video yang akan diperbaiki.
Penyebab File Video Rusak atau Corrupt sehingga Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya


 5. Jika sudah memilih , maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.
Penyebab File Video Rusak atau Corrupt sehingga Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya

 Tunggu beberapa saat ketika proses perbaikan video sedang berlangsung.
Tunggu sampai selesai atau sampai seratus persen . Prosesnya tidak lama , sangat cepat.

 6.  Selesai. File video sudah berhasil diperbaiki. Tampilan seperti gambar dibawah jika sudah diperbaiki.
Penyebab File Video Rusak atau Corrupt sehingga Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya

Untuk memastikan apakah file video yang rusak sudah benar-benar kembali normal atau belum, silahkan pilih "preview" untuk melihat hasil perbaikan yang dilakukan oleh Aplikasi ini.

7. Apabila Kita ingin menyimpan Video yang sudah diperbaiki. Silahkan pilih save. Namun ketika Kita ingin menyimpannya, ternyata Kita harus melakukan pembayaran.

Namun jangan khawatir, untuk menyiasatinya Kita memanfaatkan aplikasi perekam layar ponsel Android yang bernama AZ recorder. Bisa didownload secara gratis di Play Store.

Caranya sebagai berikut:
 1. "Preview" video yang sudah diperbaiki tadi.
 2. Lalu rekam preview tadi menggunakan aplikasi As recorder.

Dengan demikian video yang rusak atau corrupt bisa terselamatkan.

Demikianlah bagaimana cara memperbaiki file video yang rusak atau corrupt. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon