10/22/17

Memperbaiki HP Mati Terkena Air dengan Cara yang Tepat dan Mudah

Hay sob. Salam sejahtera untuk kalian semua. Okey, pada kesempatan kali ini kami akan kembali berbagi kepada kalian semua yaitu Memperbaiki HP Mati Terkena Air dengan Cara yang Tepat dan Mudah.

Apabila HP sudah terkena air biasanya HP tersebut akan mati total dan ada juga yang tidak mati total.

Baik itu terkena air hujan, air laut, nyebur di kolam dan lain sebagainya.

Apabila HP kalian tercebur atau masuk ke air, kalian tidak perlu panik. Lalu kalian buru-buru untuk membawanya ke tukang servis. Kalau di serviskan  pasti butuh biaya kan sob? Biasanya biaya servis HP kena air sekitar 75ribuan (tergantung tukang servisnya). Untuk apa buang-buang duit jika masih bisa diperbaiki sendiri. Maka dari itu tetap tenang, coba saja kalian mengatasinya sendiri dengan cara yang akan kami bagikan ke kalian ini.

Dalam beberapa kasus seperti ini, jika HP terkena air dalam beberapa menit saja. Tidak terlalu lama berada di dalam air. Untuk memperbaikinya tergolong cukup mudah. Dan kemungkinan besar HP akan kembali normal apabila ditangani sendiri dengan cara benar.
Memperbaiki HP Mati Terkena Air dengan Cara yang Tepat dan Mudah

# Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki HP mati karena terkena air


Lakukan langkah-langkah ini dengan sebaik-baiknya ya sob, hati-hati, jangan tergesa-gesa, jika memang kalian ingin HP kalian benar-benar normal.

 1. Jangan nyalakan HP


Biasanya, setelah HP terkena air si pemilik HP langsung panik. Dikarenakan panik, HP yang terkena air pun langsung dinyalakan. Padahal ini adalah kesalahan fatal. Yups fatal, karena jika langsung dinyalakan maka akan terjadi konsleting. Dan biasanya akan memperburuk keadaan HP.
Jadi, jika air sudah terlanjur masuk ke HP, biarkan HP dalam keadaan mati, jangan sampai dinyalakan.

 2. Keringkan bagian luar HP sampai benar-benar kering


Kalian bisa mengeringkannya​ dengan kain apa saja atau bisa juga dengan menggunakan tisu atau yang lainnya. Dan pastikan bagian luar HP sudah kering sebelum menuju ke langkah kedua. Jika sudah kering, kita lanjut ke langkah kedua.

 2. Keringkan baterai 


Lakukan dengan santai saja, tidak usah terburu-buru. Keringkan dengan kain atau yang lainnya.  Perhatikan pada bagian baterai yang menghubungkan antara baterai dan mesin, bagian ini harus benar-benar kering.

Lanjut ke langkah selanjutnya.

 3. Keringkan mesin HP


Untuk mengeringkan bagian mesin kita perlu membuka HP.  Buka satu persatu baut HP dengan obeng yang sesuai. Jika tidak punya baut yang sesuai, kalian bisa menggunakan cara yang lumayan unik yaitu dengan paku kecil, ambil beberapa paku kecil, lalu cari dan gunakan yang cocok untuk bautnya. Dengan memanfaatkan paku, kita nggk perlu nyari baut kesana kemari ya sob.

Jika mesin sudah dibuka, keringkan bagian mesin dengan menggunakan bantuan matahari. Kalian jemur mesinnya sampai benar-benar kering.

Lalu bagaimana jika tidak ada panas (mendung) atau ketika dimalam hari? Jika matahari tidak muncul atau saat dimalam hari, kalian bisa menggunakan Hair Dryer (pengering rambut). Semprotkan secara merata ke bagian-bagian​ mesin. Mulai dari konektor charger, speaker, IC, dan bagian-bagian yang lain.

Jika dirasa semua bagian sudah cukup kering. Kita menuju ke langkah berikutnya.

 4. Pasang kembali mesin dan baterai yang sudah kering.


Setelah mesin dikeringkan jangan langsung dipasang. Karena biasanya masih agak panas setelah di jemur atau dikeringkan dengan Hair Dryer. Tunggu sejenak sampai panasnya hilang (adem). Jika sudah adem silahkan pasang mesin dan baterai.

Selanjutnya, langkah yang terakhir.

 5. Nyalakan HP


Bagaimana? Nyala kembali? Selamat jika HP kalian bisa normal kembali seperti semula. Namun apabila belum berhasil, mungkin ada beberapa bagian yang belum benar-benar kering. Silahkan coba untuk mengulangi proses pengeringan pada baterai dan bagian mesin. Dan mudah-mudahan berhasil.

Penutup

Bagaimana sangat mudah bukan?Jadi, jika HP kalian mati karena terkena air kalian jangan terburu-buru untuk membawanya ke tempat perbaikan HP atau tukang servis. Buang-buang duit saja. Padahal cukup memperbaikinya​ dengan cara ini.

Cukup sekian yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana Memperbaiki HP Mati Terkena Air dengan Cara yang Tepat dan Mudah. Apabila ada yang salah kami mohon maaf. Semoga bermanfaat. Sukses selalu !!!


EmoticonEmoticon