10/21/17

Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas

HP Xiaomi Redmi 3 milik kamu cepat panas? Jika memang demikian, kamu tidak usah  kaget dan tidak usah mengeluh ya sob. Karena masalah ini memang menjadi salah satu dari kelemahan dari Smartphone yang berasal dari negara China ini, yaitu cepat panas.

Dan pasti kalian tidak menginginkan hal ini kan. Siapa sih yang menginginkan HP cepat panas ? Ndak ada lah ya. Inginnya ya tidak cepat panas.
Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas


Tentunya itu bukan tanpa sebab, pasti ada sebabnya, dan tentunya masalah ini  ada cara untuk mengatasinya.

Nah, Jika kamu sedang mengalami hal yang sedemikian, kita anjurkan kamu untuk terus membaca tulisan ini sampai selesai ya sob, karena kita akan membahas penyebab masalah ini dan cara mengatasinya.

Baik tidak usah berlama-lama, kita masuk ke pembahasan.

Penyebab Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya


Kita akan bahas penyebabnya terlebih dahulu ya, setelah kita bahas penyebabnya kita lanjutkan​ ke pembahasan selanjutnya yaitu cara mengatasinya.

Penyebab Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas


 1. Terbuat dari Metal


HP ini memang terlihat lebih elegan dan mewah karena terbuat dari bahan metal. Namun dibalik itu, bahan metal membuat panas menyebar dengan cepat.

 2. Penggunaan HP Yang berlebihan. 


Biasanya HP digunakan secara wajar atau berlebihan ketika main game. Bahkan, saking serunya game yang dimainkan, menyebabkan lupa waktu, sehingga tidak menyadari bahwa HP sudah digunakan berjam-jam.

Sebagaimana mobil atau sepedah motor sobat yang dipakai non stop, saat perjalanan jauh, pastinya mesinnya akan panas. Ya kan sob? Pasti pernah kan mesin mobil atau sepedah motor kamu panas akibat dari pemakaian yang lama...

Demikian pula Xiaomi kamu sob, kalau kalian gunakan terus-menerus tanpa jeda, pasti ya panas.

 3. Menggunakan HP ketika di Charger


Mungkin banyak yang belum menyadari jika menggunakan HP saat di charger adalah salah satu dari penyebab masalah ini. Karena HP apapun jenisnya, ketika HP di charger secara otomatis suhu pada HP akan meningkat. Lalu ditambah dengan penggunaan (main game, chatingan, FBan, dll). Maka HP pun akan semakin kepayahan karena terbebani dengan 2 hal tersebut dan akan menambah suhu panas pada HP kamu.

Coba bayangkan, kamu makan sambil berlari. Apa yang kamu rasakan? Sangat berat bukan? Nah, Demikian pula jika HP kamu di gunakan saat di charger.

 4. Aplikasi yang Berjalan di Background Banyak


Pada masing-masing Smartphone pasti sudah ada aplikasi yang terinstall di dalamnya, atau kita sering menamainya dengan aplikasi bawaan. Yang mana smartphone bisa berfungsi dengan adanya aplikasi-aplikasi bawaannya. Perlu diketahui, ketika aplikasi berjalan, aplikasi akan memakan RAM.

Jika Background atau latar belakang terdapat banyak aplikasi-aplikasi bawaan ditambah dengan aplikasi tambahan yang kamu install, dan semuanya berjalan, maka RAM akan termakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Dan ini akan sangat membebani kinerja smartphone, sehingga suhu menjadi panas.


 5. Belum Menyalakan Mode Power Saving


Power saving atau penghemat daya merupakan fitur yang sudah ada di smartphone ini. Penghematan baterai pada smartphone bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan mode Power saving. Kestabilan suhu pada Xiaomi kamu akan terjaga dengan mode ini, serta baterai akan hemat.

 6. Kecerahan Layar Sangat Tinggi


Smartphone akan terbebani jika kecerahan layar sangat kontras, dan juga menjadikan baterai cepat boros. Dan beban kinerja pada smartphone kamu sedikit terbebani dan kebutuhan akan daya juga semakin banyak karena kecerahan layar yang terlalu tinggi. Maka panas pada smartphone kamu akan bertambah.

 7. Lupa Menonaktifkan Beberapa Fitur Penting.


Fitur seperti Bluetooth, Hotspot, GPS, Wi-Fi, jika sudah tidak digunakan, wajib bagi kamu untuk segera menonaktifkannya. Biasanya memang fitur-fitur ini menyala dengan sendirinya.

Karena fitur-fitur ini jika masih aktif, akan terus bekerja yaitu mencari jaringan yang ada disekitarnya, walaupun sedang tidak digunakan.

Dengan begitu suhu akan bertambah dan juga membuat boros baterai.

Itulah beberapa penyebabnya, dan sekarang kita lanjut ke cara mengatasinya

Cara mengatasi Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas


Mungkin lebih tepatnya meminimalkan panas ya sob, karena tidak mungkin smartphone tetap adem, tidak ada smartphone di dunia yang tidak panas apabila digunakan, kecuali jika tidak digunakan, maka akan tetap dingin.

Berikut adalah caranya;

1. Gunakan smartphone dengan wajar


Ketika menggunakan smartphone, gunakanlah​ dengan sewajarnya, jangan berlebihan, jangan gunakan secara terus-menerus tanpa jeda. Istirahatkan beberapa saat smartphone kamu ya sob. Berikan waktu istirahat untuk Xiaomi kamu.

Coba bayangkan saja, apabila kamu nggak pernah tidur, apa yang terjadi?
Demikian juga smartphone kamu jika tidak pernah istirahat. Kasihan kan..

 2. Jangan gunakan saat di charger


Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, jika smartphone digunakan saat​ sedang di charger. Maka smartphone akan bekerja lebih. Lebih baiknya, jangan gunakan Xiaomi  kamu ketika di charger. Agar supaya Xiaomi tidak bekerja berlebih.

 3. Nyalakan Mode Power Saving


Untuk menyalakan mode ini sangat mudah sob. Silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut:
a. Masuk ke Settings
b. Kemudian Battery & performance
c. Lalu Power
d. Nyalakan Battery savero

 4. Kurangi kecerahan layar


Sobat bisa mengatur kecerahan layar di menu pengaturan, apabila pengaturan ini diterapkan maka kecerahan layar akan otomatis menyesuaikan keadaan, ketika kamu berada di tempat yang gelap atau terang. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk mengatur kecerahan layar karena sudah otomatis.

Untuk mengaturnya tidak sulit.
Berikut caranya;
a. Masuk Settings
b. Lalu Display
c. Kemudian Brightness level
d. Dan aktifkan Automatic brightness

 5. Nonaktifkan Bluetooth, Hotspot, GPS, Wi-Fi


Pastinya kamu sudah tau bagaimana cara menonaktifkannya. Jadi tidak perlu saya jelaskan bagaimana caranya.

Cukup sekian ya sob. Pembahasan kita mengenai penyebab Xiaomi Redmi 3 Cepat Panas Dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat.

2 komentar

gan, xiaomi redmi 3 sya masalahnya cepat panas pada saat ci carging, sya mencarging, hp saya dalam kondisi mati, blum ada sejam udah panas banget & baterainya malah kosong jadinya....
mohon solusinya gan....

Pastikan charger yang sobat gunakan adalah charger aslinya atau charger yang ORI.


EmoticonEmoticon