12/3/17

Cara Mudah Mengecek Hp Samsung Bekas/Second

Bagaimana cara mengecek hp Samsung bekas/second ? apakah asli atau palsu ? normal ataukah ada kerusakan ? Pertanyaan yang umum/sering muncul di benak para calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli sebuah ponsel bekas. Hal tersebut wajar-wajar saja, sebab ponsel yang akan dibeli adalah barang bekas, bisa saja ponsel tersebut memiliki kecacatan/rusak atau tidak asli, kan jadi rugi nantinya jika sudah terbeli. Memang, ketika kita ingin membeli barang apapun, sebaiknya kita tidak buru-buru, agar tidak ada penyesalan di dalam diri kita jika tidak sesuai keinginan.
Cara Mudah Mengecek Hp Samsung Bekas/Second


Nah, saya akan mencoba membantu memberikan sedikit jawaban atas pertanyaan tersebut yang akan saya sampaikan di bawah dengan penjelasan yang sesederhana mungkin dan secukupnya.

Cara Mengecek Hp Samsung Bekas/Second


Menurut saya hal terpenting ketika akan membeli hp Samsung bekas adalah mengecek kerusakan ponsel serta keasliannya. Karena apabila tidak normal, maka kinerja dari hp tidak akan memuaskan, demikian pula apabila palsu.

1. Mengecek kerusakan hp Samsung bekas

Untuk mengeceknya, caranya sangatlah sederhana dan mudah sekali, bisa kalian lakukan dengan mengetikkan kode *#0*# pada layar hp. Setelah mengetikkan kode tersebut maka secara langsung kalian akan dibawa ke tampilan LCD TEST.
Cara Mudah Mengecek Hp Samsung Bekas/Second
Tampilan LCD TEST


Di situ kalian bisa mengecek kerusakan komponen-komponen hp, seperti layar, speaker, kamera, dll.

Silahkan nanti kalian ketuk satu persatu kotaknya untuk melakukan pengecekan.

Silahkan cek:
a. Kerusakan layar dengan mengetuk kotak Read, Green, Blue.
Setelah kalian ketuk ketiga tombol tersebut dan masing-masing warna yang muncul memenuhi layar, berarti layar dalam keadaan normal. Dan apabila tidak merata berarti ada kerusakan atau tidak normal.
b. Penerimaan dengan menyentuh kotak Receiver.
Setelah kalian sentuh, layar akan berwarna putih dan ada bunyi yang keluar, tapi suaranya kecil. jika bunyinya tidak putus-putus berarti hp tidak rusak / dalam keadaan baik.
c. Getaran dengan mengetuk Vibration.
Setelah kalian ketuk, ponsel akan bergetar. Jika getarannya bagus tidak tersendat-sendat berarti hp tidak rusak / dalam keadaan normal.
d. Dim layar dengan menyentuh Dimming.
Setelah kalian sentuh, akan nampak warna merah, hijau, dan biru. Jika yang nampak ketiga warna itu berarti ponsel tidak rusak / masih bagus.
e. Kamera depan dengan mengetuk tombol Mega cam.
Coba kalian gunakan untuk mengambil gambar. Jika bisa mengambil gambar berarti ponsel dan kamera tidak ada kerusakan / masih normal.
f. Akselerasi sensor dengan menyentuh Sensor.
g. Sensitivitas sentuhan layar dengan mengetuk kotak Touch.
Untuk kembali ke tampilan LCD TEST usap seluruh kotak sampai berwarna hijau. Jika berhasil kembali berarti touchscreen tidak ada kerusakan / masih normal.
h. Mematikan hp sementara dengan menyentuh Sleep.
Setelah kalian ketuk, hp akan mati sementara, coba tekan tombol power, apabila layar kembali menyala, berarti hp tidak ada kerusakan / dalam keadaan normal.
i. Suara spekaer dengan mengetuk kotak Speaker.
Jika musik yang berbunyi jelas, bararti speaker tidak ada kerusakan / dalam keadaan normal.
j. Fungsi tombol Menu, Home, Back dengan menyentuh kotak Sub key.
Setelah kalian ketuk salah satu tombol menu, home, back, maka layar akan berubah, dan itu menandakan bahwa ketiga tombol tersebut tidak ada masalah / masih normal.
k. Kamera depan dengan mengeklik tombol Front Cam.
Silahkan coba untuk mengambil gambar. Jika bisa berarti tidak rusak / normal.

Apakah ada kendala? Jika proses pengecekan tidak ada kendala /berjalan lancar, berarti hp Samsung bekas tersebut tidak ada kerusakan atau dalam keadaan normal.

2. Mengecek keaslian hp Samsung bekas

Untuk mengeceknya bisa dengan cara mengetahui tipe hp tersebut, dan untuk mengetahuinya bisa kalian baca pada artikel kami sebelumnya. Silahkan baca: cara-cek-tipe-hp-samsung

Saya rasa cukup sekian tentang Cara Mudah Mengecek Hp Samsung Bekas/Second, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon