12/14/17

Penyebab Baterai Hp Android Boros Serta Cara Mengatasinya

Sebagai pengguna hp Android tentu kita pernah mengalami masalah pada baterainya yaitu boros atau cepat habis. Jika belum pernah mengalaminya pasti suatu saat akan mengalaminya juga, karena memang permasalahan ini sering kali terjadi pada setiap ponsel Android apapun jenisnya.

Apabila masalah ini terjadi, biasanya dalam waktu satu hari si hp tidak cukup di cas satu kali dua kali saja, mintanya di cas berkali-kali, sangat merepotkan sekali kan kalau seperti itu. Apalagi selain boros ditambah cepat panas, pengen jual aja rasanya.

Jika sebuah hp cepat terkuras baterainya karena drop, kembung, bocor, atau sudah rusak, maka hal itu wajar-wajar saja. Tetapi jika baterai cepat habis padahal baterai masih baru, maka itu tidak wajar.
Penyebab Baterai Hp Android Boros Serta Cara Mengatasinya

Nah, kali ini saya ingin memberikan tips bagi kalian agar hp Android kesayangan kalian baterainya awet dan tahan lama.

Tapi sebelum saya sampaikan bagaimana cara mengatasinya, saya sampaikan terlebih dahulu penyebabnya.

Penyebab Baterai Hp Android Boros


Banyak sekali faktor-faktornya, apa sajakah itu? Berikut penyebab-penyebabnya:

1. Aplikasi berjalan di belakang layar

Setelah kita membuka sebuah aplikasi, biasanya ketika kita ingin menutupnya, kita langsung menekan tombol home, setelah menekan tombol home maka kita langsung dibawa ke layar utama hp.
Perlu diketahui, jika kita menutup aplikasi dengan cara seperti itu, maka aplikasinya belum tertutup, tetapi masih berjalan di belakang layar. Dan itu sering tidak disadari oleh kebanyakan pengguna ponsel Android, mereka mengira bahwa aplikasinya sudah tertutup dan tidak berjalan, padahal sebenarnya masih berjalan.
Misalnya kita membuka aplikasi Chrome dan menutupnya dengan menekan tombol home, kemudian membuka WhatsApp dan menutupnya dengan cara yang sama, berarti sudah ada dua aplikasi yang berjalan di belakang layar, setelah itu membuka lagi aplikasi-aplikasi yang lain dan menutupnya dengan cara yang sama maka semakin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, dan itu menjadi salah satu penyebabnya baterai cepat terkuras.

2. Wi-Fi dan bluetooth menyala

Biasanya setelah menyalakan Wi-Fi untuk menyambungkan hp ke jaringan Wi-Fi, kita lupa mematikannya ketika selesai atau sesudah memutuskan Wi-Fi dari jaringan Wi-Fi yang tersambung, demikian pula bluetooth, kita lupa mematikannya setelah selesai mentransfer suatu file. Jika dibiarkan atau tidak dimatikan maka keduanya akan terus mencari jaringan yang ada sekitarnya, yang berarti dia tetap terus bekerja meskipun hp sudah tidak kita gunakan lagi. Sedikit banyaknya itu menyebabkan baterai tidak awet.

3. Koneksi jaringan data internet lemah

Di saat koneksi jaringan data internet tidak bagus/sulit atau bisa dikatakan sinyal lemah, juga termasuk penyebab baterai tidak tahan lama, karena hp bekerja lebih keras saat sinyal lemah.

4. Kecerahan layar terlalu terang

Jika layar ponsel terlalu kontras maka daya yang dikeluarkan baterai untuk menyuplai pencahayaan layar juga lumayan banyak

5. Akses lokasi/GPS aktif

Terkadang secara tidak sengaja kita menyalakan akses lokasi/GPS pada hp kita, padahal jika GPS menyala juga termasuk salah satu faktor baterai cepat habis, karena saat GPS aktif, dia terus bekerja, yakni memberikan informasi kepada Google dimana letak hp kita berada.

6. Suara nada dering dan getar terlalu keras

Sebagaimana kecerahan layar yang terlalu terang, jika suara nada dering dan getar terlalu keras maka daya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Itulah beberapa faktor yang nampaknya sepele, hingga tidak kita menyadari bahwa itu semua merupakan penyebab baterai cepat habis.
Dan sekarang lanjut ke solusinya.

Cara Mengatasi Baterai Hp Android Boros


Berikut cara agar baterai awet:

1. Tutup aplikasi yang berjalan di belakang layar

Pastikan saat menutup aplikasi lakukan dengan benar, jangan biarkan terus berjalan di belakang layar. Bagaimana cara menutupnya? Caranya yaitu:
• Tekan tombol yang letaknya berada di sebelah kiri/tombol Menu
• Setelah di tekan maka layar hp akan memunculkan/menampilkan aplikasi-aplikasi yang pernah kita jalankan
• Geser satu persatu aplikasi ke kanan bisa ke kiri juga bisa, geser sampai hilang.

Dengan cara seperti itu maka aplikasi-aplikasi benar-benar tertutup, tidak berjalan di belakang layar hp.

2. Non-aktifkan Wi-Fi dan bluetooth

Saat Wi-fi dan bluetooth sudah tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja agar tidak terus mencari jaringan yang ada di sekitarnya.

3. Non-aktifkan data internet saat sinyal sulit

4. Kecerahan layar sesuaikan dengan kebutuhan

Jika berada ditempat yang sekiranya tidak membutuhkan kecerahan layar yang terang sebaiknya kecerahan layar diredupkan atau diminimalkan seminimal mungkin.

5. Matikan akses lokasi/GPS

Dengan mematikan akses lokasi/GPS bisa mengurangi kerja perangkat. Lagian juga akses lokasi/GPS tidak kita perlukan sama sekali.

6. Suara nada dering dan getar sesuaikan dengan kebutuhan

Saat berada ditempat yang tidak ramai pelankan saja nada dering hp kalian. Kalau berdering satu kali sih tidak masalah, biasanya kan dalam sehari berkali-kali.

Penutup
Itulah Penyebab Baterai Hp Android Boros Serta Cara Mengatasinya, Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon