3/7/18

Cara Menulis Bahasa Arab di Android

Bagaimana cara menulis Bahasa Arab di Android? Agar dapat melakukan hal tersebut, Kalian harus setting keyboard hp milik Kalian terlebih dahulu untuk memunculkan huruf arab pada keyboard android Kalian.

Setelah menyetting atau menambah bahasa arab pada handphone Kalian, barulah Kalian bisa mengetik Bahasa Arab. Nanti Kalian bisa membuat nama dengan tulisan arab, bisa menulis huruf arab di WhatsApp, dll.
Cara Menulis Bahasa Arab di Android

Berikut Cara Setting Keyboard Agar Dapat Menulis Bahasa Arab di Android 


Untuk menyetting keyboard pada hp android sehingga bisa muncul huruf arab, cukup hanya dengan melakukan beberapa langkah mudah pada menu pengaturan hp Kalian. Jadi Kalian tidak perlu mendownload aplikasi Bahasa Arab untuk android.

Dan, inilah langkah-langkahnya:
  1. Pertama kalinya, silahkan masuk ke pengaturan/setelan hp Kalian.
  2. Setelah itu, cari opsi Bahasa & Masukan. Biasanya opsi ini berada di tengah, silahkan gulir layar ke bawah untuk mencari. Jika sudah ketemu, klik Bahasa & Masukan.
    Cara Menulis Bahasa Arab di Android
  3. Kemudian akan muncul beberapa opsi, klik Google Keyboard.
    Cara Menulis Bahasa Arab di Android
  4. Lalu klik Bahasa.
    Cara Menulis Bahasa Arab di Android
  5. Selanjutnya geser ke kanan tombol yang berada di samping tulisan Arab hingga berwarna hijau. Jika Kalian tidak bisa menggeser, berarti bahasa sistem masih aktif. Maka dari itu, bahasa sistem harus dinonaktifkan terlebih dahulu. Untuk menonaktifkan, perhatikan pada bagian atas, ada tulisan Gunakan bahasa sistem, silahkan digeser ke kiri tombolnya untuk menonaktifkan.
    Cara Menulis Bahasa Arab di Android
  6. Selesai.


Keyboard Bahasa Arab sudah Kalian tambahkan pada hp Kalian. Sekarang Kalian dapat menulis/mengetik Bahasa Arab.

Silahkan dicoba mengetik sebagiamana biasanya Kalian mengetik. Jika Keyboard pada hp android Kalian sudah muncul, akan tetapi Bahasa Arabnya belum muncul, silahkan klik ikon yang berada disampingnya spasi. Lihat gambar di bawah.
Cara Menulis Bahasa Arab di Android

Jika ikon tersebut Kalian klik, maka keyboard Bahasa Arab pun akan segera muncul. Dan apabila Kalian ingin mengembalikan keyboard ke Bahasa Indonesia, silahkan klik kembali ikon tersebut.

Demikianlah Cara Menulis Bahasa Arab di Android, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon