7/23/18

Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

Cara membuat Email merupakan suatu hal yang tidak mudah bagi Anda yang baru pertama kali mempunyai hp atau bisa dibilang baru mengenal dunia teknologi, berbeda dengan orang yang sudah lama mengenal dunia per-hp-an, hal tersebut sangatlah mudah sekali untuk dilakukan.

Maka dari itu, saya akan membantu Anda untuk membuat akun Email, melalui tulisan ini (yang mudah-mudahan dapat dipahami dengan baik), supaya Anda bisa bikin Email sendiri, tanpa bantuan dari orang lain. Biar nggak ngrepotin orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Dulu ketika seseorang akan buat Email baru lewat hp, waktu yang dibutuhkan agak  lumayan lama, tapi skarang proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama, sekitar lima menitan email Anda sudah siap untuk digunakan, bisa kurang dari lima menit atau lebih, tergantung situasi dan kondisi. Kan bisa saja pada saat proses pembuatan koneksi jaringan internet pada hp Anda hilang, atau sebab yang lainnya. Karena dalam proses pembuatannya kita membutuhkan jaringan internet.

Lebih jelasnya, silahkan lanjutkan membaca.

Sebelum saya mulai menjelaskan tutorial membuat email di hp, ada sedikit hal yang perlu saya sampaikan, yaitu untuk keterangan pada tiap-tiap langkah dan gambar contoh di bawah, saya ambil dari sebuah hp dengan pengaturan bahasanya menggunakan Bahasa Indonesia, jika pengaturan bahasa pada hp Anda menggunakan Bahasa Inggris tidak masalah. Karena pada keterangan tiap-tiap langkah saya sertakan juga Bahasa Inggrisnya, yang saya letakkan di dalam kurung.

Berikut Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

Silahkan persiapkan hp Android Anda. Jika sudah siap, inilah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama masuk ke menu Pengaturan (Setelan/Settings).

2. Setelah itu gulir layar hp ke bawah, cari menu Akun (Account). Apabila sudah ketemu klik Akun (Account).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

3. Kemudian klik + Tambahkan akun (+ Add Account).
Apabila Anda tidak menemukan + Tambahkan akun (+ Add Account) pada tahap ini, cari simbol (+).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

4. Lalu klik Google.
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

5. Selanjutnya klik Atau buat akun baru (Or create a new account)
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

6. Maka Anda akan dibawa ke tampilan seperti gambar di bawah. Anda di minta untuk memasukkan nama, Anda tidak harus memasukkan nama Anda, boleh nama apa saja, terserah anda ingin mengisinya dengan nama apapun bisa. Pada gambar di bawah saya contohkan: Nama Depan diisi dengan "Bocah" dan Nama Belakang diisi "Keren". Jika nama depan dan nama belakang sudah di isi klik BERIKUTNYA (NEXT).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

7. Buat Username. Kolom ini juga boleh diisi terserah sesuai dengan keinginan Anda. Tidak harus diisi persis dengan nama yang telah isikan pada langkah ke-6. Jika sudah diisi klik BERIKUTNYA (NEXT).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

8. Selanjutnya mengisi data TTL dan jenis kelamin. Setelah diisi semua klik BERIKUTNYA (NEXT).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

9. Lalu buat kata sandi untuk Email. Minimal kata sandi yang Anda buat harus 8 karakter, tidak boleh kurang, misalnya hanya diisi 6 karakter, 5 karakter, dst. akan tetapi boleh lebih dari 8 karakter, misal 9 karakter, 10 karakter, dst. Dan kalian juga bisa mengombinasikan huruf besar,kecil,angka. Misalnya "k4muK3c3".
Pada kolom konfirmasi isi dengan kata sandi yang sudah dibuat, jangan buat sandi yang baru atau beda. Karena kolom itu untuk mengkonfirmasi sandi yang telah dibuat. Jika sudah beres klik BERIKUTNYA (NEXT).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

10. Pada tahap berikutnya Anda diminta untuk memasukkan nomor hp. Boleh diisi dan boleh tidak.  Jika tidak ingin memasukkan nomor hp, silahkan gulir layar ke bawah, sampai paling bawah. Jika sudah sampai paling bawah, Kalian akan menemukan tulisan Lewati (Skip). Silahkan klik Lewati (Skip) untuk melanjutkan.

11. Kemudian akan muncul Privacy & Terms. Jika ingin dibaca silahkan, dan jika tidak mau membacanya, langsung saja gulir layar hp ke bawah . Dan klik SAYA SETUJU (I AGREE).

12. Mengonfirmasi username dan password. Isi password sesuai dengan password yang Anda buat tadi. Jika sudah klik BERIKUTNYA (NEXT).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

13. Kemudian loading, tunggu sebentar sampai pihak Google selesai memproses pendaftaran  akun email Anda.
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

14. Selanjutnya Anda diminta untuk memasukkan nomor rekening Anda yang sewaktu-waktu digunakan saat Anda membeli aplikasi berbayar di Google Play Store atau yang lainnya. Namun Anda boleh tidak mengisinya dengan mengeklik Lain kali (NO THANKS). Lalu klik LANJUTKAN (CONTINUE).
Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android

15. Selesai.
Selamat !!! Email Anda sudah berhasil dibuat dan siap untuk digunakan di hp kesayangan Anda. Jika suatu saat Anda ingin menghapusnya, silahkan saja dihapus, caranya dapat Anda pada tulisan saya yang lain, silahkan baca: cara-menghapus-akun-gmail-di-android .

Bagaimana? Sangat gampang kan?

Demikianlah Cara Buat Email Baru Lewat Hp Android, semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon