Cara Cek RAM di Laptop Windows 10 Dengan Mudah

Carauhuy.com – Kapasitas penyimpanan atau RAM (Random Access Memory), adalah salah satu penentu bagi sebagian orang ketika akan membeli sebuah ponsel ataupun laptop.

Dengan adanya pembaruan Windows pada kurun waktu tertentu, biasanya membuat sebagian orang cenderung bingung dan tidak dapat mengoperasikannya. Padahal pengetahuan terhadap sebuah perangkat yang akan dibeli sangatlah penting.

Hal itu bisa terjadi dikarenakan ada beberapa hal yang perlu Anda periksa pada perangkat seperti RAM, keresmian Windows, hingga aplikasi apa saja yang beroperasi pada perangkat Anda. Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda tim Carauhuy telah merangkum cara cek RAM pada Windows 10.

Cara Rek RAM Laptop di Windows 10

  1. Klik menu “Start” pada bagian pojok kiri bawah laptop
  2. Anda Pilih menu “Settings”
  3. Ketik “About Your PC” pada kolom pencarian
  4. Klik opsi “About Your PC”

Setelah itu, akan terlihat halaman yang menampilkan spesifikasi laptop Anda pada halaman “Device Specifications”, Anda dapat melihat nama perangkat, processor, RAM, hingga spesifikasi Windows. Biasanya, informasi mengenai RAM pada Windows 10 terdapat pada bagian “Installed RAM” atau “RAM Terpasang”. Anda akan melihat sederet angka yang diakhiri dengan “GB”.

Contoh informasi mengenai RAM pada Windows 10 seperti 8,00 GB (7,80 GB Usable). Itu artinya, perangkat Anda memiliki kapasitas penyimpanan RAM sebesar 8 GB dengan sisa penyimpanan RAM yang dapat Anda gunakan adalah 7,08 GB. Selain informasi mengenai kapasitas penyimpanan, Anda juga dapat memeriksa penggunaan RAM pada perangkat Anda yang bisa diakses melalui Task Manager.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *