4 Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding Dengan Mudah

Carauhuy.com – Ketika mengetik atau membuka sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word, pengguna terkadang bakal menemukan jendela error yang menginformasikan bahwa Word “Not Responding”. Hal ini tentunya bakal mengganggu proses mengetik atau proses penyelesaian dokumen atau pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Kenapa Microsoft Word Not Responding? Konon, masalah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari fitur tambahan alias Add-in Microsoft Word yang bermasalah, hingga dokumen atau file sistem Microsoft Word yang rusak (corrupt).

Untuk memperbaiki masalah ini, pengguna biasanya mencari solusi yang berkaitan dengan cara mengatasi Microsoft Word Not Responding di internet. Nah, Tim Carauhuy kini merangkum beberapa solusi ampuh yang bisa dilakukan pengguna sebagai cara mengatasi Word Not Responding.

Beberapa langkah ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa bantuan teknisi komputer. Lantas apa saja?

Simak cara mengatasi Microsoft Word Not Responding dalam informasi berikut ini, sebagaimana yang telah dirangkum oleh Tim Carauhuy. Perlu dicatat, kami menggunakan Microsoft Word 2016 di dalam artikel ini. Meski demikian, langkah-langkah cara mengatasi Word Not Responding di versi Microsoft Word lain mungkin tidak akan jauh berbeda.

Cara mengatasi Word Not Responding

1. Buka aplikasi Microsoft Word di Safe Mode

Cara mengatasi Microsoft Word Not Responding dengan Safe Mode.

Pengguna bisa membuka aplikasi Microsoft Word dalam status tanpa Add-ins alias Safe Mode dengan cara sebagai berikut:

2. Matikan Add-ins Microsoft Word

Cara mengatasi Microsoft Word Not Responding dengan mematikan Add-ins.

Apabila tidak ingin menjalankan Microsoft Word dalam Safe Mode, pengguna bisa menonaktifkan Add-ins Microsoft Word dengan cara berikut ini:

3. File sistem Microsoft Word rusak

Cara mengatasi Microsoft Word Not Responding dengan melakukan perbaikan.

Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, masih ada satu cara mengatasi Microsoft Word Not Responding, yaitu dengan melakukan proses perbaikan atau install ulang.

Cara memperbaiki atau meng-install ulang Microsoft Word bisa disimak dalam langkah berikut:

  1. Buka menu Start dan ketikkan kata kunci “Control Panel” dan klik tombol “Enter”
  2. Klik menu “Programs” dan pilih menu “Uninstall a program”
  3. Klik kanan aplikasi “Microsoft Office” dan pilih menu “Uninstal/Change” atau “Modify”
  4. Pilih “Online Repair” untuk memperbaiki aplikasi Microsoft Word secara online, atau Quick Repair untuk memperbaiki Microsoft Word tanpa koneksi internet
  5. Terakhir, klik tombol “Repair”

4. Hal lainnya yang bisa dilakukan

Selain langkah-langkah di atas, pengguna juga bisa mencoba untuk memperbarui komputer mereka dengan OS Windows versi terbaru hingga menonaktifkan antivirus yang terpasang di komputer.

Mereka juga bisa mencoba membuka Microsoft Word dengan dokumen yang bervariasi. Sebab, ada kemungkinan bukan aplikasi Microsoft Word yang menyebabkan Not Responding, melainkan dokumen Word itu sendiri.

Namun jika ingin tetap membuka dokumen yang rusak tersebut, pengguna bisa memakai berbagai aplikasi recovery yang tersebar di internet macam Easeus Recovery Tool, MiniTool Recovery, Office Repair Tool, dan masih banyak lagi. Demikian penjelasan tentang 4 cara mengatasi Microsoft Word not responding dengan mudah, semoga bermanfaat.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *