5 Cara Mengatasi Game Mobile Legends Stuck Di Loading Dengan Mudah

Carauhuy.com – Gamer Mobile Legends pasti tak asing dengan tampilan layar tunggu (loading screen) yang akan selalu dilihat ketika hendak masuk ke tampilan utama (lobby) Mobile Legends.

Tampilan loading screen ini,yang bakal dilihat pemain ketika membuka game Mobile Legends, akan disuguhkan kepada pemain selama beberapa detik, tergantung seberapa cepat koneksi internet mereka.

Namun, tak jarang loading screen macet (stuck), sehingga pemain harus menunggu dalam waktu yang cukup lama agar bisa masuk ke dalam tampilan utama Mobile Legends. Biasanya, masalah ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari koneksi internet yang kurang baik hingga file yang ada di dalam sistem Mobile Legends yang rusak.

Nah, pada kesempatan kali ini Tim Carauhuy ingin berbagi lima tips (5) cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading, supaya pemain bisa masuk ke dalam game Mobile Legends dengan lancar.

Tips-tips ini bisa dibilang cukup mudah diikuti dan bisa dilakukan oleh pengguna ponsel Android maupun iOS. Apa saja? Yuk, simak cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading dengan mudah!

Cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading

1. Bersihkan Cache

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading dengan membersihkan cache.

File cache diketahui bisa mengganggu file-file yang ada di dalam Mobile Legends menjadi rusak (error). Cache juga dikenal bisa membuat suatu aplikasi lama untuk memproses file-file yang dibutuhkan.

Dengan kata lain, ada baiknya membersihkan cache Mobile Legends secara berkala supaya terhindar dari masalah, salah satunya adalah stuck di loading tadi.

Cara membersihkan cache Mobile Legends bisa disimak di langkah-langkah berikut ini. Perlu dicatat, langkah-langkah ini berlaku bagi ponsel Android. Langkah di bawah dijajal di ponsel Samsung dengan antarmuka One UI. Meski demikian, ponsel iOS alias iPhone, atau ponsel Android merek lainnya mungkin memiliki cara yang tidak jauh berbeda.

2. Ganti koneksi internet

Koneksi internet yang buruk atau sinyal lemah biasanya menjadi salah satu pemicu mengapa pemain harus menunggu lama di loading screen Mobile Legends. Artinya, mengganti koneksi internet bisa menjadi satu cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading.

Apabila pemain memiliki dua karti SIM, mereka bisa mengganti koneksi internet dari SIM 1 atau SIM 2 atau sebaliknya. Mereka juga bisa mengganti dari koneksi data ke koneksi internet WiFi apabila tersedia.

Sementara bagi mereka yang memiliki koneksi internet WiFi, mereka bisa mengganti ke koneksi data untuk sementara waktu, guna mengetahui apakah koneksi internet WiFi mereka bermasalah atau tidak.

3. Nyalakan mode Airplane

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading dengan mengaktifkan mode Airplane.

Cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading lainnya adalah dengan mengaktifkan mode Airplane dan mematikannya kembali. Biasanya, koneksi atau jaringan internet akan diperbarui (refresh) setelah mode Airplane nonaktif. Sehingga, koneksi internet boleh jadi akan lebih baik dari sebelumnya.

Untuk mengaktifkan mode Airplane, pemain bisa membuka bilah notifikasi dan mengeklik ikon “pesawat” ketika mereka sedang berada di tampilan loading game Mobile Legends.

Setelah itu, matikan kembali mode Airplane dengan melakukan cara yang sama seperti mengaktifkan mode tersebut.

4. Restart game dan HP

 

Apabila mode Airplane belum berhasil membuat pemain lolos dari tampilan loading screen yang stuck, mereka bisa mencoba keluar dan masuk kembali ke game Mobile Legends.

Jika belum berhasil juga, pemain bisa mencoba mematikan HP mereka dan menyalakannya kembali (restart).

Biasanya, proses restart HP akan membuat ponsel menjadi lebih ringan, dan aplikasi-aplikasi atau hal lain yang menghadang proses loading game Mobile Legends akan hilang dengan sendirinya.

5. Instal ulang Mobile Legends

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading dengan melakukan proses instal ulang.

Bila restart HP belum ampuh, maka memasang atau instal ulang bisa menjadi solusi terakhir cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading. Proses ini mengharuskan pengguna menghabus (uninstall) game Mobile Legends mereka, dan mengunduhnya kembali di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Seperti diketahui, instal ulang biasanya memecahkan sebagian besar masalah yang timbul di suatu aplikasi, tak terkecuali di game Mobile Legends. Sebab, ada kemungkinan file-file yang ada di sistem Mobile Legends rusak dan membuat tampilan loading stuck, sehingga pemain harus mengunduh ulang file tersebut dari proses instal ulang game.

Demikian lima cara mengatasi Mobile Legends stuck di loading yang dirangkum oleh Tim Carauhuy dari berbagai sumber. Pastikan pemain mengikuti cara yang pertama terlebih dahulu untuk mengatasi masalah Mobile Legends stuck di loading screen. Hal ini bertujuan supaya mereka tidak perlu repot-repot melakukan proses instal ulang Mobile Legends yang bisa dibilang memakan waktu dan kuota internet.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *