Cara Kirim Foto WhatsApp Sekali Lihat Dengan Mudah

Carauhuy.com – Tahun lalu, WhatsApp (WA) menggulirkan fitur “view once”. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto WA yang hanya bisa dilihat sekali saja oleh penerima. Jadi, setelah penerima membuka foto yang dikirim dengan format View Once, foto tidak akan bisa dilihat lagi. Hal ini berbeda dengan pengiriman foto dengan format biasa, di mana penerima bisa melihatnya berkali-kali, bahkan disimpan di galeri.

Foto WA sekali lihat biasanya tidak muncul dengan preview (cuplikan) gambar seperti format pengiriman biasa. Penerima hanya akan mendapat pesan bertuliskan “foto/photo” dengan simbol angka “1” dalam bingkai lingkaran dengan garis setengah putus-putus di sisi kiri. Tampilannya seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Mengirim foto WA sekali lihat biasanya dipilih karena gambar memuat informasi sensitif, sehingga penerima tidak bisa melihatnya berkali-kali atau menyimpannya di galeri. Penerima juga tidak bisa melakukan screenshot (tangkapan layar) pada foto WA sekali lihat.

Cara Kirim Foto WhatsApp Sekali Lihat

Cara Kirim Foto WhatsApp Sekali Lihat
  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Pilih kontak yang ingin dikirimi foto/video
  3. Klik ikon kamera di sisi bawah kanan, sebelah kolom chat
  4. Pilih gambar yang ingin dikirim, bisa memotret secara langsung atau mengambil file dari Gallery ponsel
  5. Klik ikon “1” yang dikelilingi lingkaran
  6. Nantinya, akan muncul pemberitahuan bahwa fitur “View Once” sudah diaktifkan yang bertuliskan “Photo set to view once”
  7. Sebelum mengirim, Anda bisa menambahkan takarir (caption) foto/video atau mengedit file yang dikirim Foto/video yang dikirim tidak akan muncul seperti mengirim foto/video biasa. File yang dikirim nantinya akan muncul dengan tulisan “Photo” beserta ikon angka “1” di sampingnya Foto WA sekali lihat yang diterima tidak akan bisa di-screenshot oleh penerima.

Demikian info tentang cara mengirim video atau foto WA sekali lihat yang biasa digunakan pengguna WhatsApp untuk membagikan gambar dengan informasi sensitif, semoga bermanfaat.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *