Cara Membuat Foto Avatar Lensa AI Di Instagram Yang Sedang Viral (Gratis)

Carauhuy.com – Muncul sebuah tren baru di media sosial, yaitu mengedit foto menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Kemunculan tren ini banyak ditemukan di Instagram ataupun platform microblogging Twitter. Hasil foto yang sudah diedit menggunakan kecerdasan buatan tersebut cukup menarik perhatian. Sejumlah warganet yang mengunggah hasil fotonya nyaris dapat mengubah tampilan aslinya 180 derajat.

Mulai diubah menjadi foto ilustrasi, foto kartun, foto yang dicat di kanvas, menambah aksesori pada wajah, mengubah bentuk wajah, menghilangkan noda di wajah, mengganti warna rambut, mengubah pose dari gambar yang diedit, dan masih banyak lagi.

Aplikasi yang menawarkan sejumlah olahan dari kecerdasan buatan ini adalah Lensa AI. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan bernama PRISMA. Pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi resmi Apple App Store ataupun Google PlayStore.

Tawaran Lensa AI kepada pengguna yang ingin berlangganan di aplikasi agar dapat meng-edit foto lebih leluasa dan tidak terbatas (Caroline Saskia Tanoto)

Untuk melakukan penyuntingan (edit) pada foto, pengguna harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa foto selfie. Namun, untuk bisa melakukan editan yang beragam dan tidak terbatas, pengguna harus terlebih dahulu membayar. Berikut adalah rinciannya.

  1. 50 avatar unik (5 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 47.000
  2. 100 avatar unik (10 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 78.000
  3. 200 avatar unik (20 variasi dengan 10 gaya berbeda): Rp 109.000

Apabila pengguna memilih tidak membayar dan ingin mengakses aplikasi secara gratis, pengguna akan tetap dapat menggunakan aplikasi tersebut. Hanya saja filter dan editan yang ditawarkan lebih terbatas. Misalnya, dari 10 variasi, pengguna tidak berbayar hanya dapat mengakses 2-3 variasi saja.

Tidak hanya itu, pengguna tidak berbayar juga hanya dapat mengedit tiga foto dalam satu hari saja. Jika ingin menyunting lebih dari tiga gambar, pilihannya pengguna harus menunggu sampai besok atau melakukan pembayaran.

Maka dari itu, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah panduan menggunakan aplikasi Lensa AI untuk menyuntinng foto selfie Anda. Sebelum ke tahap panduan, pastikan aplikasi Lensa AI sudah diunduh.

Langkah Membuat Avatar AI Secara Gratis

Cara menggunakan aplikasi Lensa AI (Caroline Saskia Tanoto)
  1. Buka aplikasi Lensa AI Klik “Add Photos”
  2. Pilih foto yang ada di galeri
  3. Pengguna akan diarahkan ke laman edit
  4. Di halaman itu, pengguna dapat melihat adanya opsi Face, Backdrop, Adjust, Effects, Art Styles, Filters, dan Canvas.
  5. Pada bagian Face, pengguna dapat menyunting keburaman gambar, retouch muka seperti menghaluskan wajah, mengecilkan kantong mata, mengubah warna rambut (disertai intensitas warna), bentuk wajah, dan lainnya.
  6. Pada bagian Backdrop, foto latar gambar akan berubah dan terdapat latar yang dapat dipilih sesuai keinginan hingga mengubah latar langit
  7. Bagian Adjust memungkinkan pengguna mengubah warna gambar, seperti tingkat kecerahan, ketajaman, kepekatan warna, ketebalan, hingga keburaman warna dan cahaya gambar
  8. Di bagian Effect, ada sejumlah efek seperti cahaya siluet, titik salju, dan sebagainya.
  9. Sementara di Art Styles, pengguna dapat mengubah tampilan gambar.
  10. Pilihan yang tersedia gambar dapat diubah menjadi foto lawas, foto yang digambar di kanvas, foto kartun/animasi, dan sebagainya.
  11. Seperti namanya, bagian Filtes memungkinkan pengguna menambahkan warna pada gambar.
  12. Terakhir, Canvas memungkinkan pengguna memotong gambar sesuai dengan keinginan.
  13. Ada yang bentuknya kotak, setengah lingkaran, lingkaran penuh, oval, pola bunga, dan masih banyak lagi.
  14. Setelah selesai edit, jangan lupa klik “Save” pada sisi kanan atas layar untuk menyimpan seluruh editan yang dilakukan ke galeri perangkat.

(Kiri-kanan) Perbedaan foto sebelum dan sesudah di-edit menggunakan aplikasi Lensa AI (/Caroline Saskia Tanoto)

Kesimpulannya, pengguna dapat tetap bebas berkreasi menggunakan aplikasi Lensa AI ini, hanya saja terdapat beberapa fitur yang dikunci alias dibatasi karena bukan pengguna berbayar. Selamat mencoba.

Leave a Comment