Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik Yang Viral Di Twitter Dan IG

Carauhuy.com – Baru-baru ini, pengguna Twitter dan Instagram Story cukup banyak yang membagikan Instafest Spotify alias poster festival musik dengan deretan musisi impiannya. Poster tersebut tidak benar-benar dibuat oleh promotor yang hendak menyelenggarakan festival musik.

Namun, poster festival musik itu dibikin sendiri oleh pengguna. Salah satu contoh poster festival musik yang tengah ramai dibagikan di Twitter bisa dilihat pada cuitan yang diunggah oleh akun dengan handle @alandakariza. Selain akun tersebut, masih banyak lagi bisa dijumpai twit serupa yang membagikan poster festivial musik bikinan sendiri. Dari beberapa twit yang diunggah, diketahui bahwa poster tersebut dibuat dengan memanfaatkan platform Instafest Spotify.

Platform itu mampu membuat daftar artis yang sering diputar pengguna di Spotify. Daftar tersebut memiliki bentuk seperti poster festival musik. Secara fungsi, Instafest Spotify bisa dikatakan hampir mirip dengan Icebergify, yang juga dulu sempat ramai. Bedanya, daftar artis atau musisi yang sering diputar disajikan di Icebergify dalam bentuk seperti gunung es, sedangkan Instafest Spotify adalah poster festival musik. Instafest Spotify sendiri dapat diakses melalui alamat ini “instafest.app”.

Bila tertarik mengikuti tren ini, berikut adalah cara menggunakan Instafest Spotify untuk membuat poster festival musik impian.

  1. Kunjungi link Instafest Spotify ini https://www.instafest.app/.
  2. Setelah itu, login akun Spotify di website tersebut dengan memasukkan username dan password.
  3. Kemudian, pengguna bakal dimintai izin akses data publik atas akun Spotiffy miliknya oleh website “Instafest.app”.
  4. Setelah diizinkan dan berhasil login, website “Instafest.app” bakal secara otomatis menyajikan daftar artis yang sering didengarkan dalam bentuk poster festival musik.
  5. Pengguna bisa mengganti tema dari poster festival musik itu.
  6. Kemudian, bisa pula mengatur daftar artis yang termuat di poster berdasarkan intensitas mendengarkannya dalam kurun empat bulan terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang waktu.
  7. Poster musik festival dari Instafest Spotify bisa diunduh dulu atau langsung dibagikan ke media sosial.
Cara menggunakan Instafest Spotify untuk membuat poster festival musik

Cukup mudah bukan cara menggunakan Instafest Spotify untuk membuat poster festival musik? Sebagai informasi tambahan, untuk membuat poster festival musik, Instafest Spotify dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify (Spotify API).

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify. Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify, seperti yang dilakukan oleh Instafest Spotify.

Supaya bisa mengambil data pengguna, layanan Instafest Spotify yang berbasis Spotify API perlu mendapat izin atau otorisasi dari pengguna. Oleh sebab itu, pengguna diminta memasukkan akun Spotify sebagai bentuk otorisasi layanan.

Adapun data pengguna yang bisa diakses oleh Instafest Spotify saat telah diberikan izin antara lain adalah username Spotify, nama pengguna (ID) Spotify pengguna, foto profil, jumlah pengikut, playlist publik milik pengguna, dan daftar Top Artist.

Seandainya ingin memutus akses atau otorisasi Instafest Spotify, pengguna bisa mengakses laman pengaturan akun Spotify di situs ini https://www.spotify.com/id/account/. Bila telah login di situs itu, silakan pilih menu “Aplikasi”.

Terakhir, cari layanan “Instafest” yang telah diotorisasi, lalu klik opsi “Hapus Akses”. Itulah penjelasan seputar cara membuat poster festival musik dari Instafest Spotify yang tengah ramai dibagikan di Twitter, selamat mencoba.

Leave a Comment