FacePlay, Aplikasi Edit Foto yang Sedang Viral di TikTok dan Instagram

Carauhuy.com – Beberapa waktu belakangan, aplikasi FacePlay tampak tengah ramai dicari oleh pengguna di mesin pencari Google (Google Search). Terpantau di Google Search, terdapat lebih dari 5.000 pencarian “FacePlay” per 23 November 2022, sekitar pukul 12.00 WIB.

Maraknya penggunaan aplikasi FacePlay sejatinya bukan terjadi baru-baru ini. Informasi penggunaan aplikasi FacePlay telah ramai dibagikan di media sosial seperti Instagram dan TikTok, sejak awal tahun 2022.

Kendati mungkin telah ramai dicari atau digunakan, namun bukan berarti semua pengguna telah memahami aplikasi FacePlay untuk apa. Oleh karena itu, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu FacePlay beserta cara menggunakannya.

Apa Itu FacePlay?

FacePlay adalah aplikasi yang memiliki fitur utama untuk mengubah atau mengganti wajah pengguna di foto dengan wajah orang lain dari tokoh atau karakter tertentu, misalnya anime. Fitur dari FacePlay juga bisa berlaku sebaliknya. Jadi, pengguna bisa memilih templat foto atau video yang tersedia di FacePlay untuk diubah agar menggunakan wajah pribadi. Dengan kemampuan itu, FacePlay biasa disebut juga dengan aplikasi pengganti wajah.

FacePlay didukung dengan teknologi face recognition (pengenalan wajah). Dengan teknologi itu, FacePlay mampu menyeleksi objek wajah dari foto yang diunggah pengguna ke aplikasi. Setelah terseleksi, wajah tersebut akan menggantikan wajah di templat.

Faceplay bisa didapatkan secara mudah. Untuk download FacePlay, caranya silakan kunjungi toko aplikasi di masing-masing ponsel, Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone). Download FacePlay di kedua toko aplikasi tersebut tidak membutuhkan biaya pembelian alias gratis. Kendati mengunduhnya gratis, namun FacePlay menawarkan biaya langganan di aplikasi untuk meningkatkan akun menjadi premium.

Akun premium FacePlay didaftarkan dengan harga langganan mulai Rp 39.000 per minggu. Akun premium FacePlay menawarkan beberapa kelebihan daripada akun biasa yang gratis. Contohnya, seperti bebas akses templat foto atau video dan bebas iklan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu FacePlay dan kegunaannya. Lantas, aplikasi FacePlay apakah aman untuk digunakan?

Kebijakan Privasi FacePlay

Untuk diketahui, FacePlay dikembangkan oleh Innovational Technologies Limited, yang bermarkas di Inggris. Selain Faceplay, Pengembang tersebut juga membuat aplikasi edit video musik Vinkle dan aplikasi edit video bersuara dari teks DigiFace.

Dalam FacePlay, pengembang mengeklaim bahwa data atau informasi mengenai foto wajah yang terunggah di aplikasi dan diproses di server tidak akan disimpan dan dibagikan ke pihak lain. Foto di server akan dihapus bila selesai diproses dan dikirim ke pengguna. Kemudian, hasil akhir dari pemrosesan foto wajah akan disimpan sementara secara terenkripsi. Kemudian, foto tersebut akan secara permanen dalam jangka waktu tertentu. Di aplikasi FacePlay, tertulis bahwa foto hasil editan hanya akan tersedia selama tujuh hari.

Informasi mengenai kebijakan privasi FacePlay yang lebih lengkap bisa dibaca di tautan ini. Setelah memahami keamanannya, lantas bagaimana cara menggunakan FacePlay untuk ganti wajah orang lain dengan wajah kita di foto dan sebaliknya? Begini penjelasannya.

Cara Menggunakan FacePlay Untuk Mengganti Wajah di Foto

Cara mengganti wajah kita di foto menjadi wajah dari karakter tertentu melalui FacePlay.
  1. Buka aplikasi FacePlay di ponsel, lalu cari templat foto yang tersedia sesuai dengan keinginan.
  2. Setelah mendapat templatnya
  3. Klik opsi “use”.
  4. Pilih foto yang memuat objek wajah dari galeri ponsel atau ambil foto wajah langsung melalui aplikasi.
  5. Setelah foto terunggah di aplikasi
  6. Klik opsi “Confirm”.
  7. Selanjutnya, foto akan diproses dan diseleksi objek wajah di dalamnya
  8. Kemudian digabung dengan templat yang dipilih.
  9. Hasil foto yang telah diganti wajahnya dapat diunduh atau langsung dibagikan ke media sosial.

Selain foto, FacePlay juga menyediakan format templat video dan GIF. Pengguna bisa menggunakan templat video dan GIF tersebut untuk diubah objek wajahnya menggunakan wajah pribadi.

Demikian info tentang apa itu FacePlay yang sedang ramai dicari oleh orang-orang belakangan ini. Tim Carauhuy juga menjelaskan bagaimana sistem keamanan dan cara menggunakan aplikasi FacePlay tersebut, semoga bermanfaat.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *