Instagram Punya Fitur “Schedule Post”, Upload Konten Bisa Dijadwalkan

Carauhuy.com – Setelah dinanti-nanti, Instagram mengumumkan kehadiran fitur baru bernama “Schedule Post”. Sesuai namanya, fitur Schedule Post memungkinkan akun profesional macam bisnis dan kreator konten untuk menjadwalkan unggahan di Instagram. Fitur ini ditujukan khusus untuk akun Instagram profesional, tidak untuk akun personal.

Kehadiran fitur baru Schedule Post diumumkan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri lewat akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri. Instagram secara khusus juga mengumumkan fitur Schedule post lewat akun Instagram untuk kreator dengan handle @creators. Dengan kehadiran fitur Schedule Post, kreator konten tak perlu repot lagi menggunakan aplikasi penjadwalan pihak ketiga ketika mengunggah konten di Instagram.

Twitter/ @mosseri Tampilan fitur baru Scedule post untuk menjadwalkan waktu posting konten Instagram.Sekarang, Schedule Post bertindak sebagai tools penjadwalan bawaan di Instagram. Fungsinya untuk mengatur waktu kapan konten harus diunggah (upload). Fitur Schedule Post ini bisa untuk menjadwalkan semua postingan di Instagram termasuk foto, postingan carousel, video, serta Reels hingga 75 hari ke depan.

Pengaturan Schedule Post bisa ditemukan sebelum kreator meng-upload konten. Berikut langkah-langkah menjadwalkan postingan dengan fitur Schedule post:

  1. Pilih konten yang ingin diunggah seperti biasa
  2. Tambahkan caption, hashtag, lokasi, dan informasi tambahan lain yang diperlukan
  3. Sebelum klik “Share”, pengguna harus klik menu “Advanced settings” di paling bawah layar
  4. Klik toggle “Schedule this post”
  5. Pengguna tinggal memilih waktu yang diinginkan untuk kontennya di-upload
  6. Bila sudah, klik “Set time” Terakhir, klik “Schedule”

Dengan begitu, konten sudah dijadwalkan untuk diunggah di waktu yang sudah dipilih sebelumnya. Pengguna juga bisa mengelola konten yang terjadwal dengan mengakses “Profile” > menu “more”.

Fitur Achievement

Dalam postingan yang sama, Instagram turut mengumumkan uji coba fitur “Achievement” (pencapaian) untuk kreator konten Reels secara global. Nantinya, Instagram bakal memberikan notifikasi Achievement yang sudah didapatkan kreator ketika membuat postingan Reesla.

Pencapaian yang bakal dilacak oleh Instagram meliputi ketika kreator berkolaborasi dengan kreator lain saat membuat Reels, kreator membuat Reels yang interaktif dengan stikel polling, kuis, dll, membuat Reels dengan efek atau audio yang sedang viral, atau membuat lebih dari satu posting Reels dalam satu minggu.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *