Penampakan Menu Baru WhatsApp Yang Berada di Samping

Carauhuy.com – Setelah resmi menggelontorkan fitur terbarunya yang bernama “Poll”, kini platform perpesanan instan, Whatsapp, dilaporkan tengah menggulirkan tampilan baru di WhatsApp.

Tampilan baru yang dimaksud nantinya akan menambah sidebar yang terletak di sisi kiri aplikasi. Setidaknya begitulah yang dilaporkan situs yang kerap membocorkan fitur-fitur kebaruan WhatsApp, WABetaInfo.\Sidebar tersebut berisikan ikon tab obrolan (Chats), riwayat panggilan (Calls), dan Status. Kemudian sisi bawah sidebar terdapat logo “Settings” dan “Profile”. Ketika salah satu ikon diklik, maka tab tersebut akan langsung berganti ke tab yang ingin dituju.

WABetaInfo mengungkapkan fitur tersebut sudah mulai digulirkan ke pengguna WhatsApp beta Windows (PC/desktop) untuk versi 2.2246.4.0. Pengguna yang sudah melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi resmi Microsoft Store akan kebagian tampilan baru tersebut. Kendati begitu, pengguna Windows mungkin sudah familier dengan perubahan sidebar tersebut, dikarenakan pengguna WhatsApp Windows versi 2.2244.7.0 sudah kebagian tampilan sidebar tersebut.

Hanya saja kebaruan kali ini terletak pada penambahan tabs “Calls”, alias riwayat panggilan suara ataupun video. Sebelumnya, sidebar yang muncul hanya berisikan tabs obrolan dan WhatsApp status di bagian atas, serta tabs “Settings” dan “Profile” di sisi bawah sidebar.

Sebagai gambaran dari tampilan baru tersebut, berikut adalah hasil tangkap layar yang dibagikan oleh WABetaInfo di laman resminya.

WABetaInfo (Kiri) Tampilan baru dari WhatsApp beta Windows versi 2.2246.4.0 dengan (kanan) tampilan WhatsApp dekstop Windows versi 2.2245.5.0. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa perbedaannya terletak pada kemunculn ikon tabs Calls di sidebar sebelah kiri.Perubahan tampilan yang dilakukan ini dinilai dapat mempermudah pengguna untuk beralih dari satu tab ke tab yang lainnya. Misalnya, ketika ingin berpindah dari tab “Chats” ke “Calls” ataupun dari “Chats” ke “Settings” (Pengaturan) dengan lebih efisien.

Namun, perlu dicatat bahwa penambahan tabs “Calls” tersebut masih digulirkan ke pengguna beta, yang artinya belum diluncurkan ke seluruh pengguna secara umum. Ditambah, karena masih diluncurkan versi beta, kemungkinan besar riwayat panggilan yang ada tidak disinkronkan secara langsung dengan smartphone pengguna.

“Panggian yang dilakukan dari aplikasi desktop mungkin tidak muncul di ponsel Anda. Pembaruan lain mungkin (akan) dirilis di masa mendatang untuk mengatasi masalah tersebut,” tulis WABetaInfo, sebagaimana yang telah dikutip oleh Tim Carauhuy di laman resminya, Kamis (24/11/2022).

WaBetaInfo juga menambahkan pembaruan tersebut bakal segera diluncurkan ke lebih banyak pengguna. Akan tetapi, masih belum diketahui apakah tampilan baru tersebut bakal segera dihadirkan ke perangkat PC versi iOS atau tidak. Demikiran info tentang apa itu FacePlay yang sedang ramai dicari oleh orang-orang belakangan ini. Tim Carauhuy juga menjelaskan bagaimana sistem keamanan dan cara menggunakan aplikasi FacePlay tersebut, semoga bermanfaat.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *