Pengguna Netflix Bisa Hapus Perangkat “Asing” Dari Jarak Jauh

Carauhuy.com – Netflix merilis fitur baru untuk mengendalikan perangkat apa saja yang terhubung ke akunnya. Bukan cuma memantau, fitur ini juga bisa digunakan untuk menghapus akun di perangkat yang tertaut dari jarak jauh.

Fitur itu disebut “Manage access and devices” (Atur akses dan perangkat) yang tersedia pada pengaturan (Settings) aplikasi. Jadi, apabila ada perangkat “penyusup” maupun yang sudah tidak lagi digunakan untuk menonton Netflix, pengguna bisa menghapus akun dari perangkat tersebut dengan mudah dari jarak jauh.

Fitur Manage access and devices bisa diakses lewat menu pengaturan aplikasi, pilih submenu Keamanan & Privasi hingga menemukan fitur “Atur akses dan perangkat”.

Dengan fitur itu, pengguna bisa memantau perangkat apa saja yang terhubung ke akun yang terdaftar di Netflix. Rincian informasi yang ditampilkan juga cukup detail, mulai dari nama perangkat, nama akun yang baru menonton, waktu terakhir nonton hingga lokasi dan IP Adress perangkat. Dari daftar tersebut, tersedia pula opsi “Sign out” pada setiap perangkat terdaftar. Ketika opsi sign out dipilih, akun akan keluar dari perangkat terkait.

Fitur Manage access and devices di aplikasi Netflix

Dengan demikian, pengguna bisa mencopot akun dari perangkat tertentu yang terhubung dari jarak jauh, tanpa harus sign out dari perangkatnya langsung. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna yang mungkin tidak menyadari bahwa akunnya terpasang di perangkat tertentu yang tidak dikenal. Selain itu, opsi ini juga bisa digunakan untuk melepas akun dari perangkat yang mungkin sudah tidak digunakan atau kepemilikannya sudah berpindah ke orang lain.

Fitur Atur akses dan perangkat dirilis Netflix untuk pengguna Netflix versi iOS maupun Android. Berdasarkan pantauan dari Tim Carauhuy, fitur ini juga sudah tersedia untuk pengguna Netflix di Indonesia.

Namun fitur ini baru terbatas untuk perangkat mobile atau ponsel. Fitur serupa belum digulirkan Netflix untuk aplikasi versi desktop maupun TV, dihimpun oleh Tim Carauhuy dari GSM Arena, Senin (21/11/2022). Jadi, penguna saat ini hanya bisa mengatur atau mencopot akun dari perangkat tertentu melalui Netflix versi mobile atau dari ponsel. Netflix belum menjelaskan apakah fitur ini juga akan tersedia pada perangkat lainnya atau tidak.

Perketat praktik berbagi password

Fitur pengaturan akses dan perangkat yang dirilis Netflix kali ini diluncurkan tak lain untuk menindak praktik berbagi akun di antara pengguna. Sejak pertengahan tahun ini, Netflix memang berupaya mengatasi praktik berbagi password, utamanya setelah jumlah pelanggannya turun hampir 1 juta pelanggan pada pertengahan tahun. Dengan adanya fitur pengaturan akses dan perangkat, pengguna bisa memantau terlebih dahulu atau mengatur daftar perangkat terhubung, sebelum Netflix sendiri yang menanganinya langsung.

Selain merilis fitur baru, Netflix juga menghadirkan opsi langganan berbayar dengan iklan sebagai alternatif yang lebih terjangkau bagi pengguna. Paket langganan baru ini sudah tersedia di 12 negara di antaranya Amerika Serikat, Australia, Brasil hingga Jepang. Namun paket murah Netflix dengan iklan tersebut belum tersedia di Indonesia.

Demikian penjelasan tentang pengguna Netflix yang bisa hapus perangkat “Asing” dari jarak jauh, semoga bermanfaat.

About Dardar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *