Setelah Sebulan Dihapus, Swiftkey Keyboard Bisa Diunduh Lagi Di iOS

Carauhuy.com – Pada 5 Oktober 2022 lalu, aplikasi papan ketik (keyboard) Swiftkey dihapus dari toko aplikasi iOS App Store. Sejak itu, pengguna iPhone dan iPad tak bisa lagi memakai salah satu aplikasi keyboard populer yang ada di internet ini. Namun, setelah sebulan lebih atau sekitar 6 minggu absen di App Store, aplikasi Swiftkey kini mulai bisa digunakan kembali oleh para pengguna iPhone dan iPad per tanggal 18 November 2022 lalu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Visnu Nath selaku Vice President & General Manager Microsoft OneNote dan Office Product Group yang meliputi produk Swiftkey.

Dalam sebuah unggahan Twitter melalui handle @VishnuNath, dia mengatakan bahwa pengguna iOS kini sudah bisa menggunakan Swiftkey dan memasangnya kembali dari App Store.

“Microsoft SwiftKey Keyboard kembali ke iOS. Nantikan kejutan kami selanjutnya di App Store untuk pengembangan aplikasi ini,” tulis Vishnu sembari memberikan tautan (link) Swiftkey di App Store.

Vishnu tak mengumbar mengapa Swiftkey bisa kembali ke App Store setelah dihapus dari toko aplikasi iPhone dan iPad itu sejak Oktober lalu. Namun, Senior Communications Manager Windows & Devices Microsoft, Caitlin Roulston mengatakan Swiftkey kembali karena permintaan alias feedback dari konsumen yang memang menginginkan produk tersebut hadir lagi di App Store.

“Bagi pelanggan yang ingin tahu lebih lanjut tentang informasi ini, mereka bisa mengunjungi laman dukungan Swiftkey di https://support.swiftkey.com/,” jelas Caitlin, dikutip oleh Tim Carauhuy dari TheVerge, Minggu (27/11/2022).

Dihapus dari App Store sejak awal Oktober

Keyboard Swiftkey

Seperti diketahui, Microsoft mencabut dukungan serta aplikasi Swiftkey di iOS pada 5 Oktober 2022 lalu. Hal itu disampaikan Direktur Manajemen Produk di SwiftKey, Chris Wolfe.

“Mulai 5 Oktober, dukungan untuk SwiftKey di perangkat iOS akan berakhir dan akan dihapus dari Apple App Store,” ujar Wolfe kala itu. Wolfe tidak merinci alasan perusahaannya menghentikan dukungan SwiftKey Keyboard di perangkat iOS.

Namun, menurut spekulasi yang beredar, penghentian dukungan aplikasi SwiftKey Keyboard untuk iOS ini dikarenakan masalah kebijakan Apple yang mengharuskan pengembang untuk memberikan izin akses untuk bagian tertentu di software.

Tujuannya agar produk aplikasi pihak ketiga lebih terintegrasi dan bekerja dengan baik dengan sistem milik Apple. Sebelum dijadwalkan dihapus pada 5 Oktober 2022, aplikasi Swiftkey Keyboard untuk iOS ternyata sudah tidak mendapatkan pembaruan software selama setahun terakhir sejak 11 Agustus 2021.

Tidak jelas mengapa aplikasi tersebut tak mendapatkan pembaruan rutin seperti aplikasi Swiftkey di Android. Namun, seperti apa yang dikatakan Vishnu tadi, pembaruan Swiftkey di iOS kemungkinan akan terjadi dalam waktu dekat, pasca aplikasi keyboard tersebut kembali hadir di App Store. Kita nantikan saja.

Demikian info tentang Swiftkey Keyboard yang bisa diunduh lagi di iOS setelah sebulan dihapus, semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment