2 Cara Memasang Aplikasi Di Smart TV Android Dengan Mudah

Carauhuy.com – Perangkat Android Smart TV, atau singkatnya Android TV, bisa dipasang dengan beragam aplikasi atau game yang terdaftar di toko aplikasi Google Play Store. Meski demikian, perangkat tersebut hanya bisa dipasangi dengan aplikasi atau game yang mendukung Android TV saja.

Cara memasang aplikasi di Smart TV Android terbilang cukup mudah. Sebab, Anda hanya perlu pergi ke toko aplikasi Play Store dan langsung memasang aplikasi atau game yang Anda inginkan di sana.

Nah, pada kesempatan kali ini Tim Carauhuy akan membahas dua cara memasang aplikasi di Android TV, baik dari perangkatnya secara langsung maupun dari smartphone Android.

Cara Memasang Aplikasi di Smart TV Android Secara Langsung

Cara memasang aplikasi di Android TV secara langsung melalui perangkatnya.

Cara yang paling mudah untuk memasang aplikasi di Smart TV Android tentunya adalah memasangnya secara langsung melalui perangkat TV.

Namun, pastikan Smart TV Android Anda sudah terhubung dengan jaringan internet, dan Anda sudah masuk menggunakan akun Google Anda masing-masing.

Cara memasang aplikasi di Android TV secara langsung adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, nyalakan Smart TV Android Anda.
  2. Lalu, buka menu “Apps”.
  3. Kemudian, pilih aplikasi “Play Store”.
  4. Pada tampilan selanjutnya, pilih aplikasi atau game apa yang ingin dipasang ke Android TV Anda.

Anda juga bisa mengeklik ikon “Search” untuk mencari aplikasi berdasarkan kata kunci, ikon “Apps” untuk melihat daftar aplikasi berdasarkan kategori, serta “Games” untuk melihat daftar game yang bisa dipasang di Android TV Anda.

Jika sudah memilih aplikasi, klik tombol “Install” untuk memasang aplikasi atau game tersebut di Android TV Anda. Perlu dicatat, cara memasang aplikasi di Smart TV Android secara langsung ini kami lakukan menggunakan Android TV bermerek Xiaomi dengan tampilan antarmuka (UI) bawaan. Biasanya, Android TV bermerek lain bakal memiliki UI yang berbeda-beda, namun cara memasang aplikasi di Android TV secara langsung biasanya akan tetap sama, yaitu mengunjungi toko aplikasi Play Store.

Cara Memasang Aplikasi di Android TV Lewat Smartphone Android

Cara memasang aplikasi di Android TV melalui smartphone Android.

Selain melalui Android TV, Anda bisa memasang aplikasi atau game favorit Anda di Android TV dengan cara yang lebih praktis, yaitu melalui smartphone Android.

Cara memasang aplikasi di Smart TV Android lewat smartphone Android adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buka toko aplikasi Play Store di smartphone Android Anda.
  2. Lalu, cari atau pilih aplikasi yang Anda ingin pasang di Android TV.
  3. Untuk mempermudah pencarian aplikasi, Anda bisa memilih menu “Other devices” > “TV” untuk melihat apa saja aplikasi dan game yang mendukung sistem operasi (OS) Android TV.
  4. Apabila sudah, klik tombol “tanda panah” yang menunjuk ke arah bawah, tepat berada di sebelah kanan tombol “Install”.
  5. Terakhir, pilih perangkat Android TV yang ingin dipasangi aplikasi tersebut dan klik tombol “Install”.

Perlu dicatat, Anda harus masuk menggunakan akun Google yang sama dengan akun Google yang terhubung di perangkat Android TV Anda. Jika tidak, maka tombol tanda panah ke bawah tadi tadi tidak akan muncul.

Demikian informasi tentang dua cara memasang aplikasi di Android TV secara langsung dan melalui smartphone Android. Sebetulnya ada satu cara lain yang bisa Anda ikuti untuk memasang aplikasi di Android TV, yaitu dengan cara mencari file aplikasi berekstensi “*.APK” dan memasangnya secara manual melalui aplikasi File Manager di Android TV. Namun, cara ini bisa dibilang kurang praktis dibanding dua cara di atas. Selain itu, memasang aplikasi dari file APK dari situs-situs web yang tidak terpercaya bisa menimbulkan bahaya bagi perangkat Android TV Anda.

Leave a Comment