Cara Memisahkan Data Di Microsoft Excel Dengan Mudah

Carauhuy.com – Microsoft Office Excel merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang dapat menampung dan mengolah angka-angka maupun data dalam jumlah besar. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penjumlahan, membuat grafik, memisahkan data, menggabungkan data, dan melakukan sejumlah aktivitas lainnya yang berhubungan dengan data.

Salah satu aktivitas pengguna Excel yang sering dilakukan adalah memisahkan data. Adapun data yang kerapkali akan dipisahkan dalam Microsoft Excel adalah seperti nama depan dan nama belakang.

Data yang akan dipisahkan menggunakan fitur “Delimiters” yang tersedia di toolbars “Data”. Fitur ini akan menyediakan beragam opsi memisahkan data berdasarkan spasi, koma, tab, dan lainnya. Contoh saja data yang akan dipisahkan tertulis pada kolom nama depan dengan contoh “Fatima Firdaus”. Jika contoh datanya seperti itu, maka opsi “Delimiters” yang bisa Anda pilih adalah spasi.

Selain itu pengguna juga dapat memisahkan tempat lahir dan tanggal lahir. Contih data yang akan dipisahkan terletak pada kolom tempat lahir dengan contoh “Sidomakmur, 15 Februari 2000”. Maka opsi delimiters yang bisa Anda pilih adalah koma, karena pemisah antara tempat lahir dan tanggal lahir adalah koma.

Pengguna juga dapat memisahkan data yang dipisahkan dengan garis miring untuk mengisi kolom bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Data yang akan dipisahkan tertulis pada kolom bahasa Indonesia dengan contoh “Cinta/Love”. Maka opsi delimiters yang bisa Anda pilih adalah garis miring, karena pemisah antara kata bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tersebut adalah garis miring. Untuk selengkapnya berikut ini Tim Carauhuy merangkum cara memisahkan data di Microsoft Excel dengan mudah.

Cara memisahkan data di Microsoft Excel

Cara memisahkan data di Microsoft Excel
  1. Blok sejumlah data yang ingin dipisahkan
  2. Klik menu “Data”
  3. Pilih opsi “text to Columns”
  4. Pilih opsi “Delimited” dan klik “Next”
  5. Pilih salah satu opsi yang tersedia dalam daftar “Delimiters”.
  6. Jika pemisah data-data Anda menggunakan spasi, maka pilih opsi spasi.
  7. Jika data-data Anda menggunakan koma, maka pilih opsi koma, dan lain sebagainya.
  8. Klik “Next”
  9. Pilih opsi “General” dan pilih “Finish”

Untuk mengecek beragam rumus Microsoft Excel lainnya Anda dapat menuju tautan berikut ini, Itulah cara memisahkan data menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment