Cara Mengatur Format Tanggal Di Microsoft Excel Dengan Mudah

Carauhuy.com – Setiap aplikasi terdiri dari berbagai fitur yang diatur secara default atau menganut pengaturan dasarnya. Termasuk fitur tanggal dalam aplikasi Microsoft Office Excel. Dalam Microsoft Office Excel, apabila Anda belum pernah mengatur ulang pengaturan pada bagian tanggal, maka tampilan tanggal masih dalam tampilan default.

Misalnya jika Anda mengetik 15/3 dalam Microsoft Office Excel, maka otomatis Excel akan menerjemahkan sebagai tanggal dan menampilkan 15-Mar dalam sel. Apabila Anda ingin mendapatkan tampilan lain seperti 15 Maret 2022 atau 15/3/22, Anda bisa mengaturnya terlebih dahulu dalam fitur tanggal.

Hal yang sama, berlaku juga untuk pengaturan waktu. Jika Anda mengetikkan 1:24 a atau 1:24 p dalam sebuah sel, maka Excel akan menerjemahkan sebagai waktu dan menampilkan 1:24 AM atau 1:24 PM dalam sel tersebut.

Untuk mengatur kembali format tanggal dalam Microsoft Office Excel, Anda bisa mengubahnya dengan mengikuti tahapan-tahapan yang telah dirangkum oleh Tim Carauhuy berikut ini.

Cara Mengatur Format Tanggal di Microsoft Excel

Cara mengatur tanggal di Microsoft Excel
  1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel pada perangkat laptop atau komputer Anda
  2. Pilih data tanggal yang akan diubah
  3. Klik kanan dan pilih “Format Cells”
  4. Pilih opsi “tanggal” atau “date” dalam daftar kategori
  5. Klik salah satu format tanggal yang ingin Anda gunakan dalam daftar tipe
  6. Klik pengaturan dalam kotak lokasi, jika Anda ingin mengubahnya dalam format bahasa lain
  7. Klik “Ok” jika sudah selesai melakukan pengaturan

Itulah cara mengatur format tanggal dalam aplikasi Microsoft Office Excel. Adapun untuk beragam rumus Microsoft Excel lainnya, pengguna bisa menuju tautan berikut ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment