Chat Di WhatsApp Akan Bisa Diatur Untuk Dilihat Sekali Saja

Carauhuy.com – WhatsApp diketahui tengah mempersiapkan fitur View Once atau “pesan sekali lihat” terbaru. Fitur yang awalnya hanya berlaku untuk foto dan video, akan diterapkan juga untuk pesan teks.

Menurut situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp dengan akurat, WABetaInfo, fitur pesan teks sekali lihat ini baru dikembangkan untuk WA Android versi beta. Seperti fitur View Once untuk foto dan video, pesan teks sekali lihat juga akan terhapus secara otomatis sesaat setelah dibuka.

Setelah dilihat, pesan teks itu akan menghilang dari obrolan dan tidak dapat dibaca lagi, kecuali pengguna meminta pengirim pesan untuk mengirim ulang pesan. Fitur ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim pesan rahasia atau sensitif, misalnya mengirimkan kata sandi, rincian keuangan dan lain-lain. Pasalnya penerima pesan tidak akan begitu mudah atau leluasa untuk menyebarkan pesan tersebut ke pengguna lainnya.

Temuan WABetaInfo menunjukkan fitur pesan teks sekali lihat digulirkan WhatsApp untuk aplikasinya versi Android beta 2.22.25.20. Berdasarkan gambar screenshot yang dibagikan WABetaInfo, ikon pesan teks sekali lihat tampil seperti pesan sekali lihat untuk foto maupun video.

Hanya saja, keterangan yang tampil di samping ikon tersebut disesuaikan dengan jenis pesan, yaitu “text”, menunjukkan bahwa pesan tersebut berjenis pesan teks. Ketika pesan teks sekali lihat sudah terhapus otomatis dan pengguna mencoba membukanya lagi, akan muncul keterangan bahwa pesan itu sudah kedaluwarsa.

“Teks ini sudah kedaluwarsa, mohon meminta pengirim pesan untuk mengirimkannya lagi,” demikian keterangan yang muncul dalam aplikasi WhatsApp.

Pesan sekali lihat di WhatsApp (WABetaInfo)

Selain itu, gambar screenshot itu juga menampilkan adanya ikon kunci pada tombol kirim pesan WhatsApp yang menunjukkan adanya opsi kirim pesan sekali lihat. Perlu dicatat bahwa fitur ini masih dikembangkan oleh WhatsApp. Perusahaan yang kini bernaung di bawah grup Meta itu belum membagikan rincian apapun termasuk soal jadwal rilis fitur itu ke semua pengguna dalam versi stabil.

Pesan sekali lihat tak bisa di-screenshot

Karena pesan sekali lihat tidak bisa dibagikan atau disalin, pengguna biasanya mengakali dengan mengambil screenshot. Namun, WhatsApp menegaskan bahwa pengguna tak bisa lagi melakukan screenshot pesan sekali lihat.

WhatsApp sendiri memblokir fungsi screenshot pada pesan sekali lihat sejak akhir Oktober lalu. Ketika pengguna membuka foto/video sekali lihat lalu mencoba mengambil screenshot, layar aplikasi bakal menampilkan notifikasi berbunyi “Cannot capture screenshot. The page contains personal information” (Tidak dapat menangkap screenshot. Halaman berisi informasi pribadi).

Pesan sekali lihat WhatsApp tidak lagi bisa di-screenshot.

Demikian info tentang chat di WhatsApp yang akan bisa diatur untuk dilihat sekali saja, semoga bermanfaat.

Leave a Comment