Pengguna Apple Music Sekarang Bisa Putar Lagu Sambil Karaoke

Carauhuy.com – Perusahaan teknologi raksasa, Apple, meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya berkaraoke. Fitur anyar tersebut diberi nama “Apple Music Sing”. Fitur ini dijanjikan hadir mulai bulan ini untuk perangkat iPhone 11 dan di model di atasnya, iPad generasi ketiga dan model di atasnya, serta Apple TV 4K 2022.

Mode karaoke sudah terintegrasi dengan aplikasi Apple Music, sehingga pengguna bisa leluasa memutar musik sambil berdendang dan mengatur volume vokal di pustaka lagu Apple Music. Nantinya, lirik lagu juga akan muncul secara real-time. Ada beberapa jenis tampilan lirik lagu yang akan muncul. Mulai dari lirik lagu untuk penyanyi solo, duet, atau backing vocal (penyanyi latar).

Apple Music Sing memiliki empat fitur utama. Pertama adalah “Adjustable vocals”, di mana pengguna bisa mengontrol suara vokal mereka selama bernyanyi. Pengguna bisa bernyanyi bersama penyanyi aslinya seolah-olah sedang berduet atau sepenuhnya menyanyi solo. Fitur kedua, “Real-time lyrics” yaitu pengguna dapat membaca lirik secara real-time saat bernyanyi. Untuk beberapa lagu yang memiliki beat cepat, animasi pada lirik akan mengikuti tempo lagu tersebut.

Fitur ketiga adalah “Backsound Vocals”. Suara latar (backsound) yang terdapat dalam musik juga akan muncul di tampilan lirik. Hanya saja, suara latar akan dimunculkan berbeda dengan lirik utama. Jadi, lirik dari backsound akan dipisahkan di bait yang berbeda dengan lirik utama. Tujuannya untuk memudahkan pengguna memahami dan menyanyikan suara latar tersebut.

Fitur terakhir adalah “Duet View”. Sama seperti namanya, fitur ini memudahkan pengguna berduet. Ketika ada lebih dari satu penyanyi, layar lirik tersebut akan dibuat terpisah dan berlawanan. Jadi, saat berduet, masing-masing pengguna dapat mengetahui mana saja bagian yang harus dinyanyikan dan mana yang tidak.

Menurut Wakil Presiden Apple Music dan Beats, Oliver Schusser, pengalaman lirik pada Apple Music merupakan fitur yang cukup populer dan digemari di kalangan pengguna. Melihat peluang itu, Apple pun melakukan pembaruan dengan menghadirkan fitur karaoke ke Apple Music.

“Kami telah mengetahui bahwa seluruh pengguna di dunia suka menyanyikan lagu favorit mereka. Jadi, kami ingin memperluas kesempatan ini lebih jauh lagi untuk memungkinkan lebih banyak lagi keterlibatan tentang musik dengan menyanyi. Ini akan sangat menyenangkan, pengguna Apple pasti akan menyukainya,” papar Schusser dalam keterangan tertuilis di Apple.com, seperti yang telah dirangkum oleh Tim Carauhuy, Sabtu (10/12/2022).

Untuk mempermudah gambaran, “Apple Music Sing” bukanlah aplikasi yang berdiri sendiri (standalone). Fitur karaoke ini akan muncul di dalam aplikasi Apple Music. Jadi, ketika fitur ini sudah dihadirkan ke seluruh penggguna iPhone, mereka dapat beralih ke tampilan lirik lagu. Lalu, tampilan tersebut akan memunculkan ikon mikrofon di samping kanan lirik. Saat ikon itu diklik, pengguna dapat langsung berkaraoke dan menyesuaikan suara vokal yang dinyanyikan.

Demikian info tentang pengguna Apple Music yang sekarang bisa putar lagu sambil karaoke, semoga bermanfaat.

Leave a Comment