Penjelasan Aplikasi Microsoft Excel Beserta Manfaat Dan Beberapa Rumusnya

Carauhuy.com – Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Microsoft Excel. Di beberapa institusi pendidikan, Microsoft Excel mungkin sudah dikenalkan ke siswa Sekolah Dasar sebagai salah satu materi pelajaran. Meski sudah dikenalkan sejak dini, beberapa orang barangkali masih belum memahami dengan baik mengenai aplikasi ini, dibuktikan dengan merebaknya pelatihan dasar pengoperasian Microsoft Excel.

Aplikasi yang diluncurkan Microsoft pada tahun 1987 ini memang memiliki banyak manfaat. Beberapa profesi di bidang seperti akuntansi atau administrasi, bahkan diwajibkan untuk menguasai pengoperasian Microsoft Excel.

Ingin mulai belajar aplikasi ini? berikut rangkuman dari Tim Carauhuy terkait pengertian, manfaat, dan rumus dasar dari Microsoft Excel.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet.

Bentuk lembar kerja di Microsoft Excel berbeda dengan yang ada di Microsoft Word. Lembar kerja di Microsoft berbentuk kumpulan sel yang disusun jadi baris dan kolom, atau biasa dikenal dengan sistem spreadsheet. Data dalam lembar spreadsheet Microsoft Excel dapat dihitung dan diolah secara akurat menggunakan rumus-rumus tertentu yang tersedia. Selain itu, ada beberapa alat di Microsoft Excel yang mampu untuk menyajikan hasil olahan data.

Penyajian data di spreadsheet dapat divisualisasikan dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik bergaris. Aplikasi pengolah data numerik ini masih satu bagian dari paket Microsoft Office yang bisa diakses di dekstop dengan sistem operasi Windows dan MacOS.

Manfaat Microsoft Excel

Manfaat Microsoft Excel yang mendasar ialah memudahkan pengguna dalam melakukan pengolahan data numerik. Dengan Microsoft Excel, perhitungan dan pembacaan data berbentuk angka tidak perlu dilakukan secara manual.

Dari manfaat tersebut, Microsoft Excel memiliki beberapa fungsi yang bisa dieksplorasi. Berikut macam-macam fungsi Microsoft Excel, sebagaimana dilansir KompasEdu,Kamis (10/02/2022):

12 Rumus Microsoft Excel

Agar pengolahan data numerik berjalan secara akurat, pengguna perlu menggunakan rumus-rumus tertentu di spreadsheet Microsoft Excel. Ada beragam jenis rumus yang bisa dipakai untuk mengolah data sehingga tidak perlu menghitungnya secara manual.

Misalnya rumus SUM, yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai dalam kumpulan data dan masih banyak lagi rumus lainnya. Selengkapnya, berikut 13 rumus Microsoft Excel yang biasa digunakan:

1. SUM

SUM adalah rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari kumpulan. Rumus ini juga bisa dipakai untuk mencari total nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus SUM di Microsoft Excel yaitu “=SUM(cell pertama:cell terakhir)”.

2. Average

AVERAGE merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menghitung nilai rata-rata. Cara penulisan rumus AVERAGE yakni “=AVERAGE(sel pertama:sel terakhir)”.

3. If

Rumus Microsoft Excel berikutnya ada IF, yang berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data. Cara penulisan rumus IF di Microsoft Excel adalah “=IF(nilai yang ingin dicari;[jika nilai sesuai maka X];[jika nilai tidak sesuai maka Y])”.

4. MAX

MAX berfungsi untuk menampilkan nilai terbesar dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MAX di Microsoft Excel adalah “=MAX(sel pertama:sel terakhir)”.

5. MIN

Kebalikan MAX, MIN memiliki fungsi untuk nilai terkecil dari kumpulan data. Cara penulisan rumus MIN di Microsoft Excel adalah “=MIN(sel pertama:sel terakhir)”.

6. COUNT

COUNT merupakan rumus Microsoft Excel yang berfungsi untuk menghitung banyaknya nilai yang ada di tiap sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus COUNT di Microsoft Excel yaitu “=COUNT(sel pertama:sel terakhir)”.

7. MATCH

MATCH merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari letak nilai tertentu yang ada di sel dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus MATCH adalah “=MATCH(lookup_value:lookup_array;[match_type])”.

8. FIND

FIND berfungsi untuk mencari huruf atau teks pada sebuah kalimat yang ada di sel. Cara penulisan rumus FIND di Microsoft Excel adalah “=FIND(find_text, within_text, [start_num])”.

9. DATE

DATE merupakan rumus yang digunakan untuk menampilkan keterangan waktu yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun dalam sel. Cara penulisan rumus DATE di Microsoft Excel yaitu “=DATE(tahun;bulan;tanggal)”.

10. CHOOSE

CHOOSE digunakan untuk menampilkan sebuah nilai berdasarkan nomor indeks atau urutan tertentu dalam kumpulan data. Cara penulisan rumus CHOOSE di Microsoft Excel adalah :=CHOOSE(index_num;[nilai1];[nilai2]; …)”.

11. VLOOKUP

VLOOKUP merupakan rumus Microsoft Word yang berfungsi untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan vertikal.

Cara penulisan rumus VLOOKUP di Microsoft Excel adalah “=VLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)”.

12. HLOOKUP

HLOOKUP merupakan rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk untuk menampilkan nilai pada kumpulan data yang bersumber dari suatu tabel dengan format susunan horizontal.

Cara penulisan rumus HLOOKUP di Microsoft Excel adalah “=HLOOKUP(data yang ingin dicari nilainya, rentang nilai dari sel yang ada di tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)”. Rumus ini bisa berbeda penulisannya di tiap dekstop, tergantung dari pengaturan dan versi Microsoft Excel yang dipakai pengguna. Demikian pengertian, manfaat, dan rumus dari Microsoft Excel, semoga bermanfaat.

Demikian info tentang aplikasi Microsoft Excel beserta manfaat dan beberapa rumusnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment