Umur Browser Microsoft Edge Di Windows 7 Tinggal Sebulan Lagi

Carauhuy.com – Microsoft bakal mengakhiri dukungan browser atau peramban Edge untuk sistem operasi Windows 7 dan Windows 8. Keputusan ini diumumkan oleh perusahaan melalui situs blog resmi Windows.

Menurut pengumuman perusahaan, Microsoft Edge akan disetop dukungannya untuk Windows 7 dan Windows 8 pada pertengahan Januari 2023. Artinya, umur Microsoft Edge di kedua sistem operasi itu hanya tersisa sekitar sebulan lagi. Selain Microsoft Edge berbasis Chromium, perusahaan juga menanggalkan dukungan Edge Webview2, yaitu mesin render Edge untuk menyematkan halaman web pada aplikasi non-Edge.

Penghentian dukungan Microsoft Edge ini menyusul berakhirnya dukungan pembaruan keamanan atau disebut Extended Security Update (ESU) untuk Windows 7 dan Windows 8/8.1. Namun bukan berarti pengguna Windows 7 dan 8 tidak bisa mengakses Microsoft Edge lagi, karena mereka masih bisa memakai Edge versi lama, yaitu versi 109. Begitu pula dengan Edge Webview2 yang masih bisa dipakai versi 109. Kedua versi tersebut akan menjadi versi terakhir yang didukung oleh Windows 7 dan Windows 8 tanpa kemampuan update ke versi baru.

“Microsoft Edge versi 109 dan WebView2 Runtime versi 109 akan menjadi versi terakhir yang mendukung sistem operasi ini (Windows 7 dan 8). Selain itu, WebView2 SDK versi 1.0.1519.0 dan yang lebih tinggi, tidak lagi mendukung Windows 7 dan Windows 8/8.1,” demikian keterangan Microsoft, berdasarkan hasil yang dikutip oleh Tim Carauhuy dari blog Windows, Jum’at (16/12/2022).

Selain itu, Microsoft juga menegaskan bahwa Edge versi itu tidak akan mendapat fitur baru, pembaruan keamanan maupun perbaikan bug.

Dukungan Windows 7 dan Windows 8 juga disetop

Wallpaper khas Windows 7 (lst)

Microsoft memutuskan untuk menghentikan dukungan OS Windows 7 dan Windows 8. Kedua OS ini akan disetop dukungannya pada 10 Januari 2022.

Windows 7 sendiri sebenarnya sudah tidak lagi didukung berbagai pembaruan sejak 2020. Namun karena OS ini begitu banyak dipakai pengguna, Microsoft memperpanjang dukungan pembaruan khusus dan berbayar untuk Windows 7 hingga Januari 2023.

Setelah diperpanjang, pada akhirnya dukungan untuk Windows 7 juga akan tamat bulan depan, bersamaan dengan disetopnya dukungan untuk Windows 8. Seiring dengan disetopnya dukungan tersebut termasuk untuk Microsoft Edge di Windows 7 dan 8, Microsoft menganjurkan pengembang untuk mengakhiri dukungan yang sama.

“Kami memahami bahwa mengakhiri dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8/8.1 tidak mudah dilakukan beberapa pengembang, namun ini akan membantu pengguna tetap aman dari potensi ancaman dan risiko keamanan karena kedua OS tersebut tidak lagi didukung pada 10 Januari 2023,” kata tim Microsoft Edge di blog Windows.

Demikian info tentang umur browser Microsoft Edge di Windows 7 tinggal sebulan lagi, semoga bermanfaat.

Leave a Comment