Windows 11 Akan Memiliki Screen Recorder Bawaan

Carauhuy.com – Microsoft menambahkan fitur perekam layar (screen recorder) bawaan (built-in) untuk sistem operasi (OS )Windows. Fitur ini dirilis untuk melengkapi aplikasi Snipping Tool yang tersedia di OS Windows, bukan sebagai aplikasi atau program tersendiri. Dengan begitu, pengguna bisa memanfaatkan Snipping Tool untuk merekam layar laptop maupun komputer/desktop, ketimbang memakai Xbox Game Bar atau alat sejenis lainnya dari pihak ketiga.

“Snipping Tool membantu mempercepat dan mempermudah pengambilan konten dari PC Anda, dan dengan perekaman layar bawaan, kami memperluas kemampuan ini ke lebih banyak jenis konten,” kata Dave Grochocki, Principal Product Manager Lead Windows, Microsoft.

Untuk saat ini, fitur screen recorder baru tersedia bagi pengguna Windows 11 yang mengikuti program beta atau disebut Windows Insider. Fitur screen recorder Snipping Tool menawarkan opsi rekam layar sesuai keinginan pengguna. Maksudnya, pengguna bisa memilih apakah ingin merekam semua tampilan layar atau area tertentu saja. Praktik ini sama seperti ketika pengguna memakai Snipping Tool untuk menangkap gambar (screenshot).

Dukungan tersebut akan berguna untuk menyembunyikan konten lain yang berisi informasi pribadi. Pasalnya, bila pengguna memakai Xbox Game Bar, pengaturan perekamannya cukup terbatas meskipun kualitas perekamannya terbilang bagus. Bila dilihat, tampilan screen recorder di Snipping Tool juga tak berbeda dengan menu screenshot. Hanya saja, terdapat tombol khusus untuk mengatur kapan perekaman dimulai atau disetop.

Untuk memulai perekaman, pengguna bisa memilih menu New, kemudian pilih opsi rekam (Record).

Perekam layar Microsoft Snipping Tools untuk Windows 11

Selanjutnya, pengguna bisa menentukan area yang ingin direkam dengan menggeser garis yang tersedia. Bila area perekaman sudah ditentukan, pengguna bisa memilih tombol Start untuk memulai perekaman.

Perekam layar Microsoft Snipping Tools untuk Windows 11

Fitur screen recorder sudah tersedia pada aplikasi Snipping Tool versi 11.2211.35.0 dan bisa dicoba oleh pengguna beta Windows 11 melalui Dev Channel. Versi stabilnya kemungkinan baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang untuk semua pengguna, sebagaimana yang telah dihimpun oleh Tim Carauhyu dari The Verge, Ahad (11/12/2022).

Demikian info tentang Windows 11 yang akan memiliki screen recorder bawaan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment