10 Game HP Yang Paling Banyak Di-download Di Indonesia

Carauhuy.com – Platform riset pasar, aplikasi, dan konsumen Data.AI (dulunya App Annie) merilis laporan berjudul “State of Mobile 2023” pekan ini. Secara garis besar, laporan tersebut mengulas kebiasaan dan tren pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia dalam menggunakan smartphone sepanjang tahun 2022.

Salah satu yang dirangkum mereka adalah daftar 10 game mobile (HP) yang paling banyak diunduh (download) di seluruh dunia, yang tentunya meliputi pasar Indonesia, sepanjang tahun 2022 kemarin.

Dalam riset ini, Data.AI menobatkan game party royale kembaran Fall Guys, yaitu Stumble Guys, menjadi game nomor satu yang paling banyak diunduh di Indonesia 2022.

Daftar game HP yang paling banyak di-download di Indonesia 2022. (Data.AI)

Stumble Guys merupakan game seru-seruan yang menyerupai acara TV lawas “Benteng Takeshi”, di mana puluhan pemain (32 pemain) berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat atau yang berhasil menyelesaikan tantangan di tiga ronde yang tersedia.

Di pengujung ronde, satu orang yang berhasil bertahan hidup atau menyelesaikan semua tantangan dengan cepat akan menjadi pemenangnya.

Karena game ini cukup seru dan terkadang bisa mengundang tawa, belum lagi durasi permainan yang singkat (sekitar 5 menit), tak aneh jika Stumble Guys banyak di-download pengguna Indonesia.

Di bawah Stumble Guys, ada Higgs Domino Island, Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Subway Surfers yang melengkapi daftar lima game paling banyak di-download di Indonesia sepanjang 2022.

Sementara di posisi keenam hingga kesepuluh diisi oleh Super Sus, FIFA Soccer, Stickman Party, Sakura School Simulator, dan Roblox.

Data.AI tidak menyebutkan berapa banyak atau berapa kali game-game populer tersebut diunduh oleh pengguna asal Tanah Air.

Namun jika dilihat berdasarkan jenis game alias genre, Data.AI mengatakan bahwa game berjenis Hypercasual, atau biasa disebut game sederhana yang mudah dimainkan namun bisa menyita waktu, merupakan jenis game yang paling banyak diunduh di Indonesia.

Daftar game HP yang paling banyak di-download di Indonesia 2022 berdasarkan genre. (Data.AI)

Dalam laporan terbaru mereka, game dengan genre Hypercasual sudah diunduh sebanyak 940,5 juta kali di Indonesia sepanjang 2022, diikuti dengan game berjenis Simulation dengan 640,4 juta kali, Action 363,7 juta kali, dan Kids dengan 328,1 juta kali.

Lalu game berjenis Match, Racing, Sports, dan Shooting masing-masing diunduh sebanyak 167,8 juta kali, 158,9 juta kali, 148 juta kali, dan 129,4 juta kali di Indonesia.

Dari 10 game HP yang paling banyak di-download di Indonesia, Sakura School Simulator dan Roblox menjadi game dua game Simulation yang paling banyak diunduh di Indonesia sepanjang 2022.

SementaraMobile Legends: Bang Bangmewakili game dengan genre Action yang paling banyak diunduh di Tanah Air di tahun lalu.

Adapun genre game Stumble Guys, yang meliputi Party/Party Royale, tidak masuk ke dalam beberapa jenis game populer teratas yang paling banyak diunduh versi Data.AI yang disebutkan tadi.

Selengkapnya, berikut daftar 10 game HP yang paling banyak di-download di Indonesia, lengkap dengan jenis atau genre game tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Data.AI, Kamis (19/1/2023).

  1. Stumble Guys (Party/Party Royale)
  2. Higgs Domino Island (Casino/Dominoes)
  3. Mobile Legends: Bang Bang (Action/MOBA)
  4. Free Fire (Shooting/Battle Royale)
  5. Subway Surfers (Action/Runner)
  6. Super Sus (Party/Mafia/Betrayal)
  7. FIFA Soccer (Sports/Simulation Sports)
  8. Stickman Party (Party/Mini Games Collection)
  9. Sakura School Similator (Simulation/Avatar Life)
  10. Roblox (Simulation/Creative Sandbox)

Demikian informasi tentang 10 game HP yang paling banyak di-download di Indonesia, semoga bermanfaat.

Leave a Comment