2 Cara Membuka File HEIC Di HP Android Dengan Mudah

Carauhuy.com – HEIC merupakan jenis format gambar yang biasa ditemui di perangkat iOS. HEIC merupakan versi terbaru Apple dari format HEIF (High-Efficiency Image File). Gambar dengan format ini memiliki kelebihan dua kali lebih ringan dari JPEG dengan kualitas yang sama.

Namun masalahnya format HEIC terkadang tidak bisa dibuka ponsel Android. Sehingga pengguna akan lebih rumit ketika akan mengakses gambar HEIC. Pengguna harus mengonversinya terlebih dahulu agar dapat mengakses gambar dengan format HEIC.

Sebenarnya beberapa ponsel Android dengan minimal versi 9 hingga 10 sudah mendukung format ini. Namun bagi beberapa pengguna lainnya masih merasakan perangkatnya belum kompatibel membuka format tersebut. Lantas bagaimana cara membuka gambar HEIC di HP Android? berikut ini  Tim Carauhuy telah membuat tutorialnya untuk Anda, silahkan di simak dengan baik.

Cara membuka file HEIC dengan Google Photos

  1. Buka aplikasi Google Photos
  2. Pilih opsi “Galeri”
  3. Buka folder yang menyimpan gambar dengan format HEIC
  4. Terakhir, ketuk gambar, dan Anda pun dapat melihat gambar dengan format HEIC

Cara membuka file HEIC dengan Files by Google

  1. Apabila belum memiliki aplikasinya maka unduh
  2. Files by Google di Play Store
  3. Buka aplikasi dan pilih folder yang menyimpan gambar dengan format HEIC
  4. Temukan file dan ketuk gambar Gambar atau foto akan terbuka di ponsel Android Anda

Cara mengubah file HEIC ke JPG

Cara ubah heic ke jpg

Apabila pengguna masih belum bisa membuka gambar dengan format HEIC maka jalan satu-satunya adalah mengonversinya terlebih dahulu.

Untuk mengubah file HEIC ke JPG pengguna dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi HEIC to JPG di tautan berikut ini
  2. Buka aplikasi dan ketuk opsi HEIC to JPG
  3. Pilih file dengan mengetuk menu ‘File’, atau jika Anda ingin mengonversi semua gambar dalam format HEIC dalam folder, pilih ‘Folder’
  4. Temukan file yang ingin Anda konversi ke JPG dan klik ‘Convert’
  5. Setelah berhasil mengubah hasil format JPG, gambar akan tersimpan dalam folder ponsel Anda

Demikian informasi tentang cara membuka file HEIC di HP Android dengan mudah. Untuk mengetahui beragam format gambar yang biasa ditemui, Anda dapat mengunjungi artikel berikut ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment