4 Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Bisa Diketik Dengan Mudah

Carauhuy.com – Pencarian Windows 10 tidak bisa diketik terkadang sering terjadi pada beberapa pengguna. Akibatnya pengguna yang ingin mencari aplikasi atau menu tertentu akhirnya tidak bisamenemukan aplikasi yang dibutuhkan.

Lantas kenapa search tidak berfungsi di Windows? Bisa jadi salah satu penyebab tidak bisa di search di Windows adalah sistem perangkat yang baru saja mengalami update atau pembaruan.

Setiap perangkat sendiri menyediakan berbagai pembaruan fitur yang berbeda-beda dari sistem operasi. Baik itu sistem keamanan atau sistem kerja perangkat tersebut.

Hal ini yang menyebabkan Cortana bermasalah. Sehingga pencarian Windows 10 yang tidak bisa diketik. Cortana adalah asisten produktivitas pribadi Microsoft. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh jaringan atau sistem pencarian yang mengalami gangguan layanan.

Untuk memperbaiki pencarian Windows 10 yang tidak berfungsi, berikut KompasTekno telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda coba.

Mulai ulang perangkat

Memulai ulang perangkat atau reboot seringkali bisa memperbaiki permasalahan yang ada dalam perangkat Anda. Reboot sederhana ini dapat membantu sistem mencuci memori dan gangguan cache disk Anda yang bisa berdampak buruk pada kinerja sistem.

Restart ulang cortana Windows 10

Cara mengatasi pencarian windows yang error

Cortana berkaitan dengan fungsi pencarian Windows 10. Cortana dapat membantu Anda mengingat dalam berbagai cara, termasuk mengatur pengingat pada waktu, tempat, orang, dan lain-lain dengan tepat.

  1. Klik kanan pada bagian taskbar Windows 10
  2. Pilih opsi “Task Manager”
  3. Buka bagian “Processes”
  4. Cari fitur “Cortana”
  5. Klik kanan dan klik “End Task”
  6. Restart perangkat PC

Bersihkan file cache atau sampah

File cache atau sampah yang menumpuk pada perangkat, bisa mematikan fungsi pencarian Windows 10. Hal ini juga berakibat melambatnya kinerja perangkat dan pencarian tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, pengguna perlu membersihkan cache secara teratur.

  1. Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan dan jendela “Run” akan terbuka
  2. Ketikkan “cleanmgr” pada kolom pencarian
  3. Tekan “Ok” untuk melanjutkan
  4. Pilih opsi drive yang ingin Anda bersihkan
  5. Tekan “Ok” untuk melanjutkan

Periksa kembali pembaruan Windows 10

Cara mengatasi pencarian windows yang error

Cara selanjutnya untuk mengatasi pencarian Windows 10 yang tidak berfungsi adalah dengan memeriksa sistem pembaruan pada perangkat. Apabila Windows belum diperbarui, kemungkinan pencarian Windows yang tidak berfungsi disebabkan karena hal tersebut.

  1. Klik ikon “Windows” pada pojok kiri bawah
  2. Buka “Pengaturan” pada perangkat
  3. Pilih opsi “Update and Security”
  4. Pilih menu “Windows update”

Jika Windows Anda belum diperbarui, maka kolom “Unduh dan Instal” akan muncul. Jika tidak ada, berarti Windows Anda sudah versi terbaru.

  1. Klik “Download and Install”
  2. Tunggu proses download selesai
  3. Mulai ulang perangkat Anda

Demikian informasi tentang cara mengatasi search bar Windows 10 tidak berfungsi, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment