4 Hal yang Wajib di Cek Jika Ingin Menonton Netflix Dengan Kualitas HD di HP dan Tablet

Carauhuy.com – Saat menonton film secara streaming di platform video on demand (VoD), seperti Netflix, pengguna cenderung ingin menikmati tontonan berkualitas tinggi atau high definition (HD).

Dengan kulitas HD, film dan serial Netflix bakal lebih jernih sehingga lebih memanjakan mata ketika menonton. Namun, ada beberapa hal yang wajib dicek terlebih dahulu, sebelum streaming film di Netlfix lewat HP atau tablet dengan kualitas HD. Apa saja? simak penjelasannya di bawah ini.

1. Cek paket langganan

Saat ini, Netflix menawarkan empat jenis paket langganan di Indonesia, yaitu Mobile, Basic, Standard, dan Premium. Masing-masing paket langganan Netflix memiliki benefit, termasuk soal kualitas video.

Nah, untuk bisa menikmati film dan serial Netflix dengan kualitas tinggi, pengguna setidaknya harus berlangganan paket Netflix basic seharga Rp 120.000 per bulan. Dengan paket basic, pengguna bisa streaming Netflix hingga mentok dengan resolusi HD (720p) di HP, tablet, komputer, dan TV. Pengguna juga bisa berlangganan paket Standard (Rp 153.000 per bulan) untuk menikmati streaming film Netflix dengan kualitas maksimal di Full HD (1080p).

Takhta paling atas, pengguna bisa memilih paket Premium (Rp 186.000 per bulan) untuk menonton Netflix dengan kualitas UltraHD (4K) dan HDR.

Nah, pengguna yang berlangganan paket Mobile (54.000 per bulan) tak bisa menikmati film Netflix dengan kualitas HD, sebab video yang didukung hanya mentok di kualitas standard definition (SD/480p).

Cara cek paket Netflix adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Netflix
  2. Klik foto profil
  3. Klik “Account”
  4. Lihat “Plan details”

2. HP dan tablet harus mendukung Widevine L1

Cara cek dukungan Widevine L1 untuk streaming Netflix dengan kualitas HD di HP dan tablet.

Bila sudah berlangganan paket yang mendukung kualitas video HD, pengguna selanjutnya perlu mengecek soal dukungan Widevine L1 di HP dan tablet.

Widevine merupakan bagian dari lisensi Manajemen Hak Digital (Digital Rights Management. DRM adalah layanan yang digunakan oleh layanan streaming seperti Netflix untuk melindungi konten mereka agar tidak disalin dan didistribusikan tanpa lisensi.

Widevine DRM memiliki tiga tingkat keamanan, yaitu Widevine L1, Widevine L2, dan Widevine L3. Nah, untuk dapat menikmati tontonan Netflix dengan kualitas HD, smartphone dan tablet harus mendukung Widevine L1.

Apa itu Widevine L1? Widevine L1 adalah tingkat perlindungan DRM tertinggi, di mana dekripsi dan pemrosesan video terjadi sepenuhnya di Trusted Execution Environment (TEE). Perangkat yang mendukung Widevine L1 mampu memutar video dengan resolusi setinggi mungkin atau 720p ke atas.

Untuk mengecek dukungan Widevine L1 di HP dan tablet, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Netflix
  2. Klik foto profil
  3. Klik “App Settings”
  4. Gulirkan ke bagian “Diangnostics”
  5. Klik opsi “Playback specification”
  6. Pengguna bakal melihat informasi Digital Right Management untuk Widevine serta Playback, seperti gambar di atas.
  7. Sebagai contoh, perangkat Xiaomi 11T Pro milik kami mendukung Widevine L1 dengan maksimal resolusi pemutaran pada resolusi Full HD (1080p). Sementara ponsel Realme 6 Pro kami hanya mendukung Widevine L3 dengan maksimal resolusi pemutaran di resolusi SD (480p).

3. Kecepatan internet stabil minimal 5 Mbps

Dalam laman bantuan Netflix, disebutkan bahwa pengguna perlu terhubung ke koneksi internet stabil dengan kecepatan minimal 5 Mbps atau lebih tinggi untuk bisa streaming Netflix dengan kualitas HD.

4. Atur kualitas streaming ke High atau Auto

Bila sudah memenuhi 3 hal yang disebutkan sebelumnya, terakhir pengguna bisa mengatur “data usage” ke mode “High” atau “Auto” untuk bisa streaming Netflix dengan kualitas tinggi.

Dengan mode “High”, Netflix akan menyesuaikan video ke kualitas terbaik. Sementara mode “Auto” memungkinkan Netflix menyesuaikan secara otomatis kualitas video setinggi mungkin, berdasarkan kecepatan koneksi internet pengguna saat streaming.

Cara mengatur data usage Netflix adalah sebagai berikut:

  1. Buka Netflix di browser
  2. Klik foto profil
  3. Klik “Account”
  4. Di bagian “Profile & Parental Controls”, klik foto profil Anda
  5. Klik “Change” pada opsi “Playback Settings”
  6. Di bagian “data usage per screen”, pilih opsi “Auto” atau “High”
  7. Klik “Save”

Itulah empat hal yang wajib dicek terlebih dahulu apabila ingin streaming Netflix dengan kualitas HD di HP dan tablet, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment