6 Cara Mengatasi Windows Tidak Terhubung Ke Printer Dengan Mudah

Carauhuy.com – Beragam error seringkali terjadi pada Windows. Salah satunya adalah Windows yang tidak dapat terhubung ke printer. Akibatnya Anda yang akan mencetak berbagai dokumen pun terhambat akan masalah ini.

Windows yang tidak terhubung ke printer umumnya akan muncul notifikasi “Windows cannot connect to the printer”. Beberapa penyebabnya antara lain bisa jadi karena masalah pada driver printer atau justru pengguna yang masih menggunakan Windows dengan versi lama.

Apabila Anda mengalami hal serupa jangan terburu-buru membawanya ke service center. Cobalah untuk mengatasi error jenis ini dengan beberapa cara sederhana. Apa saja itu? Selengkapnya Tim Carauhuy telah merangkum beberapa cara mengatasi “Windows cannot connect to the printer”.

1) Cobalah mengatasinya dengan menjalankan fitur troubleshooters di Windows

Cara mengatasi windows tidak terhubung ke printer

Windows menyediakan fitur troubleshooters untuk mengatasi beragam error yang terjadi di Windows. Salah satunya Windows yang tidak terhubung ke printer. Berikut ini tutorialnya.

  1. Buka “Settings/pengaturan” di Windows
  2. Cari di kotak pencarian Windows “Troubleshoot”
  3. Klik “Additional Troubleshooters”
  4. Pilih “Printer”
  5. Kemudian klik “Run the troubleshooter”
  6. Tunggu hingga “Run the troubleshooter” menemukan dan memperbaiki error yang terjadi Windows yang tidak terhubung ke printer

2) Mulai ulang print spooler service

Cara mengatasi windows tidak dapat terhubung ke printer

Fitur print spooler service berfungsi untuk menyimpan tugas Anda hingga printer siap untuk mencetaknya. Untuk mengatasi error Windows yang tak dapat terhubung ke printer Anda dapat mencoba mengatasinya dengan memulai ulang fitur ini, begini caranya:

  1. Tekan tombol shortcut Windows + R secara bersamaan
  2. Ketikkan pada kolom “services.msc”
  3. Cari fitur “Print Spooler” dan klik kanan pilih “Properties”
  4. Klik “Stop”
  5. Tunggu sekitar 10 menit dan kemudian aktifkan kembali dengan klik “Start”

3) Memperbarui driver printer Anda

Cara mengatasi windows tidak terhubung ke printer

Saat Anda menginstal printer di PC, Windows juga akan otomatis menginstal driver yang berguna untuk menghubungkan printer dengan perangkat Anda. Namun terkadang driver mengalami beragam error yang menyebabkan printer bermasalah.

Salah satunya “Windows cannot connect to the printer”. Untuk mengatasinya Anda dapat memperbarui driver printer Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik menu “Start” dan ketikkan “Device Manager”
  2. Pilih “Print Queues” dan klik driver printer yang ingin Anda perbarui
  3. Selanjutnya klik “Update driver”
  4. Kemudian tunggu hingga Windows menemukan dan menginstal driver yang diperbarui

4) Coba instal ulang printer Anda

Cara mengatasi Windows tidak terhubung dengan printer

Jika Anda masih terus mengalami error “Windows cannot connect to printer” cobalah untuk menghapus instalan device printer Anda. Setelah itu kembali menginstal ulang printer. Cara ini bisa jadi mengatasi error yang terjadi di Windows Anda. Begini caranya:

  1. Buka “Settings/pengaturan” di Windows
  2. Pilih “Printer & Scanners”
  3. Pilih printer yang biasa Anda gunakan
  4. Klik “Remove device”
  5. Setelah mencabut instalasi printer pasang kembali instalannya dan ikuti petunjuk instalasi selanjutnya

5) Jadikan default printer

Cara mengatasi windows yang tidak terhubung ke printer

Apabila Anda telah menginstal kembali printer selanjutnya jangan lupa untuk mencetang bagian default printer. Adapun langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya. Pengguna hanya perlu mencentang bagian “Let Windows manage my default printer”.

6) Perbarui Windows

Cara mengatasi windows yang tidak terhubung ke printer

Error yang terjadi bisa jadi karena pengguna masih menggunakan versi Windows lawas. Hal ini yang terkadang menyebabkan terjadinyaerror Windows sehingga tidak dapat terhubung ke printer. Cara update Windows dapat mengikuti tutorial pada artikel berikut ini.

Demikian informasi tentang 6 cara mengatasi Windows tidak dapat terhubung ke printer. Silhakan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment