Cara Download Dan Login Facebook Lite Dengan Mudah

Carauhuy.com – Media sosial Facebook memiliki aplikasi khusus untuk pengguna ponsel dengan spesifikasi “kentang” bernama Facebook Lite. Aplikasi ini serupa dengan aplikasi Facebook reguler, namun, memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Tampilan Facebook Lite (Google Play Store)

Ada sejumlah perbedaan antara Facebook Lite dengan aplikasi yang biasa. Facebook Lite merupakan aplikasi yang sengaja didesain untuk ponsel dengan kemampuan perangkat dan kualitas jaringan internet yang rendah. Facebook Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan internal kurang dari 10 MB. Sedangkan aplikasi Facebook yang biasa, ukuran filenya sudah mencapai lebih dari 200 MB.

Jadi, ponsel yang tidak memiliki kapasitas penyimpanan internal terlalu banyak tetap dapat mengakses Facebook menggunakan Facebook Lite. Selain ukuran yang lebih kecil, Facebook Lite juga memiliki tampilan yang lebih sederhana. Facebook Lite didesain dengan lebih ringkas dan tidak banyak animasi atau efek. Hal ini dibuat agar Facebook Lite dapat berjalan di banyak perangkat.

Dengan tampilan yang lebih sederhana dan ringkas, aplikasi Facebook Lite dapat berjalan dengan lancar di ponsel dengan spesifikasi rendah. Selain itu, karena didesain untuk pengguna ponsel dengan kondisi jaringan yang “seadanya”, Facebook Lite juga punya fitur untuk tidak menampilkan gambar atau video yang beresolusi tinggi.

Dengan fitur tersebut, Facebook Lite tidak akan banyak mengkonsumsi kuota paket data internet dan masih dapat berjalan lancar meski menggunakan jaringan 2G. Sehingga, hal tersebut kerap kali mempermudah pengguna membuka aplikasi lebih mudah dan tidak membutuhkan kualitas jaringan internet yang kuat untuk mengaksesnya.

Fakta menarik lainnya, aplikasi Facebook Lite tidak dibekali fitur untuk menampilkan gambar dan video yang beresolusi tinggi saat browsing di dalamnya. Artinya, kuota internet yang dimiliki pengguna tidak akan terbuang banyak, setidaknya tidak sebanyak saat mengakses aplikasi Facebook biasa.

Penasaran bagaimana cara men-download aplikasi Facebook Lite? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara mengunduh Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite tersedia hanya untuk ponsel Android. Sementara Apple, menyetop aplikasi Facebook Lite di App Store sejak 2020 lalu. Untuk men-download aplikasi tersebut, cukup masuk ke Google Play Store dan ketik di kolom pencarian “Facebook Lite”. Logo aplikasi tersebut akan berbeda dengan versi “reguler”.

Facebook biasa memiliki logo dengan dominasi warna biru, dengan huruf “F” yang berwarna putih di tengah. Sebaliknya, “Facebook Lite” memiliki logo yang didominasi warna putih dengan huruf “F” berwarna biru. File dari kedua aplikasi akan terlihat dengan jelas. Jadi, pastikan jangan sampai salah men-download aplikasi.

Setelah klik “Install”, Anda harus menunggu beberapa saat sampai aplikasi benar-benar ter-install ke dalam perangkat. Jika sudah selesai, klik aplikasi tersebut untuk login.

Cara masuk Facebook Lite

  1. Buka aplikasi Facebook Lite, pastikan Anda sudah mengunduhnya (download) di toko aplikasi resmi.
  2. Masukkan nomor ponsel (yang sudah terdaftar di akun Anda) atau email Facebook beserta kata sandi (password)
  3. Setelah memasukkan data yang diperlukan, klik “Login”

Perbedaan antara Facebook Lite dan Facebook biasa sebenarnya tidak terlalu signifikan. Hanya saja, tampilan dan tulisan di Facebook Lite tampak sedikit lebih kecil dan sederhana. Selamat mencoba.

Berikut adalah perbandingan tampilan dari aplikasi Facebook Lite dan Facebook biasa.

(Kiri-kanan) Tampilan antarmuka aplikasi Facebook Lite dan Facebook biasa

Demikian informasi tentang cara download dan login Facebook Lite dengan mudah, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment