Cara Kerja dan Fungsi Fitur Proxy WhatsApp

Carauhuy.com – Beberapa waktu lalu, WhatsApp (WA) merilis fitur baru yakni proxy. Fitur ini agak berbeda dengan fitur baru WhatsApp pada umumnya, lantaran hanya akan berfungsi dalam kondisi tertentu. Misalnya, ketika akses internet diblokir atau layanan WhatsApp dibatasi karena situasi tertentu.

Jadi, fungsi proxy WhatsApp adalah memungkinkan pengguna untuk tetap bisa mengakses WA meskipun internet atau layanan diblokir pemerintah. “Memilih proxy memungkinkan Anda terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia, didedikasikan untuk membantu orang berkomunikasi dengan leluasa,” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Sebelumnya, WhatsApp tidak merancang aplikasinya untuk bisa digunakan lewat proxy atau VPN. Hal itu sempat ditulis dalam laman dukungan WhatsApp. Setelah fitur proxy WhatsApp dirilis, ketentuan itu kemudian dihapus. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja fitur proxy WhatsApp

Selama ini, proxy kerap digunakan untuk menerobos situs web yang diblokir. Secara umum, proxy adalah penengah antara perangkat dan internet yang biasanya terletak di antara komputer lokal dan jaringan internet yang digunakan pengguna.

Ketika menggunakan proxy, misalnya ketika Anda “googling”, perintah itu akan dikirim ke proxy server terlebih dahulu. Proxy server kemudian akan meneruskan perintah atau permintaan dari pengguna ke internet menggunakan alamat IP (IP address) dari proxy server, bukan IP pengguna. Kemudian, perintah tadi akan dikirimkan lagi dari proxy server ke pengguna.

Nah, cara kerja itu juga berlaku untuk proxy WhatsApp. Jadi, ketika layanan WhatsApp atau internet di suatu wilayah diblokir, pengguna masih bisa menggunakan WA lewat proxy server. Hal ini akan memungkinkan komunikasi WhatsApp tetap bisa dilakukan melalui server proxy tersebut, sebagaimana dihimpun dari Sam Mobile. Namun, WhatsApp tidak menyediakan server proxy.

Pengguna yang berada di lokasi terisolir, harus memutar otak untuk mendapat koneksi sementara waktu untuk mencari proxy server yang bisa digunakan di wilayah mereka. Alternatifnya, mereka harus mencari cara menjangkau kerabat yang masih tersambung dengan internet untuk mendapatkan alamat proxy.

Ada banyak alamat proxy server gratis yang disediakan oleh sukarelawan maupun organisasi tertentu. Namun, apabila menggunakan proxy server dari pihak ketiga, konsekuensinya adalah alamat IP akan diketahui oleh penyedia server.

Kendati demikian, WhatsApp sesumbar bahwa meskipun menggunakan proxy, pengiriman pesan tetap akan aman dan terproteksi enkripsi dari ujung ke ujung/end-to-end encryption.

“Pesan pribadi Anda tetap akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end—sehingga memastikan pesan Anda tetap hanya berada di antara Anda dan orang yang Anda ajak berkomunikasi, serta tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proksi, WhatsApp, atau Meta sekalipun” tulis WhatsApp dalam blog resminya.

Cara setting proxy server WhatsApp

Secara umum, penggunaan fitur proxy WhatsApp bisa jadi susah-susah gampang. Sebab, pengguna harus mendapatkan alamat proxy atau menyiapkannya terlebih dahulu.

Hal ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang masih memiliki akses internet. Mereka bisa menyiapkan proxy menggunakan server dengan port 80 (trafik web standar/HTTP), 443 (trafik web standar terenkripsi/HTTPS), atau 5222 (trafik protokol Jabber/default WhatsApp) yang tersedia dan nama domain (atau subdomain) yang mengarah ke alamat IP server.

Adapun langkah menyiapkan proxy bisa disimak di laman ini. Nah, apabila sudah memiliki alamat proxy server yang dibutuhkan, pengguna bisa mengaktifkan fitur proxy di WhatsApp dengan cara berikut.

Cara aktifkan proxy WhatsApp di Android dan iOS

Cara mengaktifkan fitur proxy WhatsApp
  1. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  2. Buka WhatsApp.
  3. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Setelan/Pengaturan”.
  5. Pilih “Penyimpanan dan Data”.
  6. Gulir layar ke bawah, klik “Proxy”.
  7. Geser tombol proxy ke kanan untuk mengaktifkan.
  8. Masukkan alamat proxy yang sudah didapatkan.
  9. Klik “Simpan”.
  10. Akan muncul keterangan “Terhubung” apabila proxy berhasil diaktifkan.

Apabila sudah terhubung, tetapi pesan gagal terkirim atau diterima, ada kemungkinan proxy server sudah diblokir. Sehingga, Anda harus mendapatkan alamat lain dan mengganti alamat proxy yang sudah dihubungkan tadi.

Perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan berfungsi apabila suatu wilayah mengalami pembatasan layanan atau internet diblokir.

Dirilis setelah pembatasan akses di Iran

Fitur proxy WhatsApp ini dirilis setelah pemerintah Iran membatasi akses ke platform pesan instan tersebut beberapa bulan lalu. Saat itu WhatsApp menerima sejumlah laporan yang mengatakan bahwa pengguna di Iran dibatasi akses ke aplikasi.

Pihak WhatsApp lantas menanggapi laporan itu dan melakukan berbagai upaya agar pengguna bisa tetap mengakses WhatsApp. WhatsApp berharap pemblokiran aplikasi tidak lagi terjadi pada tahun ini, terlebih jika praktik tersebut mengganggu hak asasi manusia. “Batasan seperti yang kita lihat di Iran selama berbulan-bulan mengingkari hak asasi manusia dan membuat orang tidak dapat menerima bantuan darurat. Meskipun batasan itu dilanjut, kami berharap solusi ini membantu orang-orang di manapun mereka membutuhkan komunikasi yang aman dan andal,” kata WhatsApp.

WhatsApp sendiri diblokir di sejumlah negara seperti China, Korea Utara, Vietnam, Iran, dan sejumlah negara lain. Demikian informasi tentang

Leave a Comment