Cara Kerja “Find My Device” Di Android, Fitur Penting Pelacak HP Hilang Dengan Mudah

Carauhuy.com – Fitur pelacakan yang disematkan pada sebagian besar smartphone kembali terbukti berguna untuk menemukan ponsel yang hilang bahkan menemukan pemilik ponsel yang mengalami kecelakaan.

Yang paling baru, seorang wanita berhasil diselamatkan setelah kecelakaan mobil yang membuatnya terjebak di dasar jurang, melalui fitur “Find My” di iPhone.

Ponsel Android juga memiliki fitur serupa, namanya adalah Find My Device. Fitur ini pertama kali diperkenalkan Google dengan nama “Android Device Manager” pada 2013 silam. Lalu, pada 2017, Google memperbarui fitur ini dan memberikan nama baru “Find My Device”.

Dengan fitur Find My Device, pengguna ponsel Android lebih berpeluang menemukan ponsel yang hilang ketika terselip, terjatuh, atau bahkan ketika HP dicuri.

Lantas, bagaimana cara kerja fitur “Find My Device” di Android?

Secara umum, fitur Find My Device pada ponsel Android dapat bekerja dengan bergantung pada tiga hal utama, yaitu akun Google, perizinan akses lokasi, dan internet (WiFi/mobile data).

Sebab, Google menggunakan data lokasi, informasi perangkat, dan riwayat koneksi untuk menemukan perangkat pengguna.

Dengan kombinasi ketiganya, pengguna bisa menghubungi atau “ping” ponsel Android via internet. Bila berhasil, nantinya, pengguna mendapatkan lokasi “ping” terakhir ponsel di Google Maps. Lokasi tersebut merupakan perkiraan tempat ponsel berada.

Find My Device juga memiliki fitur pendukung lain untuk menemukan dan mengamankan ponsel pengguna yang hilang.

6 hal wajib agar pengguna bisa lacak ponselnya

Dalam situs resminya, Google merinci setidaknya ada enam hal yang wajib diperhatikan agar pengguna bisa berhasil melacak ponselnya.

1. Ponsel harus dalam keadaan hidup

Satu-satunya cara agar bisa melacak ponsel pengguna adalah bila ponsel dalam keadaan hidup. Dengan artian, ponsel masih memiliki sisa daya baterai untuk tetap aktif. Pengguna tidak bisa melacak ponsel yang mati, entah itu karena kehabisan daya atau dimatikan.

2. Login akun Google

Ponsel juga setidaknya harus terhubung atau login ke satu akun Google. Hal ini diperlukan ketika melacak ponsel yang hilang di URL android.com/find.

3. Harus terkoneksi internet

Ponsel juga harus terhubung dengan koneksi WiFi atau mobile data. Sebab, Google bakal “menghubungi” perangkat yang dicari lewat internet.

4. Ponsel terlihat di Google Play

Pengguna juga perlu memastikan bahwa ponsel Android-nya terlihat di Google Play. Cara mengecek keterlihatan perangkat adalah dengan buka URL play.google.com/library/devices. Pastikan seluruh ponsel Android pengguna sudah memiliki tanda ceklis di bagian “tampilkan di menu”.

5. Lokasi diaktifkan

Hal kelima yang wajib diperhatikan adalah menyetel perizinan akses lokasi ponsel ke mode “aktif”. Dengan begitu, Google bisa melacak posisi HP pengguna dan menampilkan lokasi HP di Google Maps.

6. Fitur Find My Device harus aktif

Umumnya, fitur Find My Device di ponsel Android sudah aktif secara bawaan. Namun, tak ada salahnya memastikan fitur Find My Device telah aktif, dengan cara sebagai berikut:

  • Buka Settings
  • Klik “Security” atau “Privacy”
  • Klik “Find My Device”
  • Pastikan toggle ke arah “on”

Google mengatakan, dengan menggunakan layanan Find My Device, pengguna secara otomatis mengizinkan Google untuk menggunakan data lokasi, informasi perangkat, dan riwayat koneksi untuk menemukan perangkat pengguna. Lokasi perangkat yang ditampilkan Google merupakan perkiraan dan mungkin tidak selalu akurat.

Cara lacak HP Android dengan fitur Find My Device

Find My Device Aplikasi Find My Device untuk melacak ponsel Android. (Google Play Store/find my device)

Dalam skenario enam hal yang disebutkan di atas terpenuhi, pengguna bisa dengan mudah melacak keberadaan ponselnya. Berikut cara lacak ponsel Android dengan fitur Find My Device:

  1. Buka URL android.com/find di browser laptop.
  2. Pastikan sudah login dengan akun Google yang sama seperti yang digunakan di ponsel yang hilang.
  3. Atau bisa download aplikasi Find My Device melalui link berikut ini.
  4. Lalu, login dengan akun Google yang sama seperti yang digunakan di ponsel yang hilang.
  5. Selanjutnya, baik di browser atau di aplikasi, pengguna bakal melihat deretan ponsel yang bisa dilacak Pilih perangkat yang hilang.
  6. Sebagai contoh, kami memilih perangkat “Xiaomi 11T Pro” Google bakal “menghubungi” perangkat
  7. Bila perangkat memenuhi enam syarat di atas, Google bakal dengan mudah menemukan lokasi “Xiaomi 11T Pro” milik kami
  8. Saat berhasil dilacak, ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi bahwa “Find My Device” telah menemukan lokasi ponsel tersebut
  9. Sementara di sisi lain, pengguna bakal melihat “pin” lokasi ponsel di peta.
  10. Ketika diklik, pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google Maps.
  11. Pengguna juga bakal melihat informasi ponsel seperti sisa daya baterai dan nama internet yang sedang terhubung dengan ponsel.
  12. Lalu, Google juga menyediakan tiga fitur pendukung untuk menemukan dan mengamankan ponsel yang hilang.
  13. Pertama, fitur “Play Sound” (putar suara). Fitur ini memungkinkan ponsel yang hilang berdering selama 5 menit, sekalipun ponsel sedang dalam mode senyap. Pengguna bisa mencari dering ponsel di perkiraan lokasi yang ditampilkan di peta tadi.
  14. Kedua, fitur “Secure Device” (amankan perangkat). Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci ponselnya dengan PIN, pola, atau sandi dari jarak jauh (remote). Jika tidak memiliki kunci, pengguna dapat menyetelnya. Dengan fitur ini, pengguna juga bisa menambahkan pesan dan nomor telepon untuk membantu seseorang mengembalikan ponsel pengguna yang hilang.
  15. Ketiga, fitur “Erase Device” (hapus perangkat). Bila pengguna yakin ponselnya sudah tidak memungkinkan untuk ditemukan, fitur ini bakal membantu pengguna untuk menghapus semua data di ponsel yang hilang secara permanen. Tujuannya, agar orang lain yang memiliki ponsel Anda itu tidak bisa mendapatkan data pengguna. Namun, data yang dihapus mungkin tidak termasuk data di microSD. Setelah menghapusnya data, fitur Find My Device tidak akan berfungsi lagi untu melacak ponsel tersebut.

Demikian informasi tentang cara lacak ponsel Android dengan fitur Find My Device. Selain ponsel, fitur Find My Device juga bisa digunakan untuk melacak smartwatch dan tablet Android yang hilang. Semoga gadget kalian yang hilang bisa segera ditemukan ya, aamiin.

Leave a Comment