Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan Google Maps Dengan Mudah

Carauhuy.com – Pernah kah Anda kehilangan smartphone? Pengalaman tersebut tentu sangat tidak mengenakkan. Apalagi, jika smartphone yang hilang adalah ponsel utama yang digunakan sehari-hari untuk bekerja hingga mencari hiburan.

Terlebih, banyak orang kini menyimpan banyak data penting di smartphone. Mulai dari agenda pekerjaan, percakapan penting dengan kerabat, teman, atau rekan kerja, hingga data pribadi yang ada di media sosial.

Risiko pencurian data pribadi juga berpeluang terjadi apabila smartphone hilang, apabila ponsel ditemukan atau digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kendati demikian, smartphone hilang masih bisa dilacak dengan memantaunya di Google Maps. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur “Find My Device” yang sebelumnya telah terpasang di perangkat.

Sesuai namanya, fitur ini mampu melacak lokasi terakhir smartphone menggunakan Google Maps sehingga dapat membantu pengguna menemukannya.

Tidak hanya bisa melacak lokasi smartphone, fitur “Find My Device” juga dapat mengunci dan menghapus data smartphone. Akan tetapi, fitur ini hanya bisa berfungsi apabila smartphone masih dalam keadaan aktif, baik daya maupun lokasi (GPS), serta terkoneksi internet.

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara melacak HP Android yang hilang dengan Google Maps, sebagaimana yang telah dihimpun oleh Tim Carauhuy dari Slash Gear.

Cara melacak HP Android yang hilang dengan Google Maps

Cara melacak HP Android yang hilang dengan Google Maps.
  1. Akses situs Google Find My Device melalui tautan berikut.
  2. Login ke akun Google yang terhubung pada smartphone.
  3. Pilih model smartphone yang ingin dilacak.
  4. Pengguna dapat melihat lokasi smartphone saat ini.
  5. Lokasi yang ditampilkan akurat, jika smartphone masih terhubung dengan internet dan GPS tetap aktif.
  6. Find My Device juga dapat melacak lokasi terakhir dari riwayat lokasi Google Maps.
  7. Klik menu “Map Timeline” untuk menelusuri lokasi terakhir smartphone sesuai tanggal, bulan dan tahun perangkat Anda.
  8. Selain lokasi, pengguna juga dapat memantau sisa daya baterai dan nama jaringan seluler atau WiFi yang terhubung pada smartphone.
  9. Situs Google Find My Device juga dapat digunakan untuk mengelola kegiatan smartphone yang sedang hilang.
  10. Pilih opsi “Play Sound” untuk mengaktifkan suara dering pada smartphone.
  11. Nada dering ini akan berbunyi selama lima menit dan terdengar sangat lantang, meski smartphone dalam keadaan mode “Silent/Sunyi”.
  12. Pilih opsi “Secure Device” untuk segera mengunci smartphone dan log-out dari akun Google.
  13. Meski smartphone dalam keadaan terkunci, pengguna masih dapat melacak lokasi smartphone serta menampilkan catatan dan nomor telepon yang dapat dibaca oleh orang lain yang menemukan perangkat.
  14. Pilih opsi “Erase Device” untuk menghapus seluruh file yang tersimpan pada smartphone.
  15. Akan tetapi, apabila opsi ini dipilih, pengguna tidak lagi dapat memantau lokasi smartphone.

Demikian cara melacak smartphone Android yang hilang di Google Maps dengan memanfaatkan fitur Find My Device. Seperti disebutkan di awal, fitur ini hanya bisa berfungsi apabila ponsel masih dalam keadaan aktif dan terkoneksi internet. Apabila ponsel dalam keadaan mati atau tidak terkoneksi, pengguna akan kesulitan melacaknya lewat Google Maps.

Leave a Comment