Cara Melihat Akun Google Telah Login Di Perangkat Mana Saja Dengan Mudah

Carauhuy.com – Google punya beragam layanan yang mungkin sebagian dari Anda sudah sering menggunakannya. Layanan itu antara lain, seperti Gmail, YouTube, Google Search, atau Google Drive.

Sebagaimana cukup banyak diketahui, untuk mengakses layanan tersebut, diperlukan sebuah akun Google. Saat akun Google telah login di perangkat, baik laptop maupun ponsel, biasanya secara otomatis akan diselaraskan dengan semua layanan terkait.

Jadi, login akun hanya perlu dilakukan sekali dan bisa langsung masuk ke Gmail, YouTube, atau Google Drive. Lantaran bisa diselaraskan dengan semua layanan secara otomatis, akun Google sebaiknya tidak digunakan buat login di sembarang perangkat.

Itu penting diperhatikan supaya tidak ada orang asing yang bisa mengakses akun Google beserta data-data pribadi milik Anda di semua layanan terkait. Namun, dalam kondisi tertentu, bisa saja kita terpaksa harus login akun Google di perangkat milik orang lain.

Kondisi itu misalnya, seperti saat lupa tidak membawa perangkat pribadi, tetapi butuh masuk ke Gmail atau Google Drive untuk mengakses data. Alhasil, kita jadi terpaksa login akun Google di perangkat milik orang lain.

Bila akun Google sudah dikeluarkan, sebetulnya relatif aman karena membuat perangkat menjadi tak lagi punya akses. Tetapi, bakal jadi masalah jika akun Google belum dikeluarkan dari perangkat itu.

Guna meminimalisir akses yang tak diinginkan dari perangkat lain, Anda perlu melihat akun Google telah login di mana saja. Ini penting dilakukan supaya Anda dapat memastikan bahwa akses akun Google telah diberikan hanya ke perangkat pribadi.

Lantas, bagaimana cara melihat akun Google login di mana saja? Untuk melihat perangkat lain yang login ke akun Google, sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal mengakses menu “Keamanan” yang terdapat di pengaturan akun Google.

Untuk lebih lengkapnya, bila hendak melihat perangkat lain yang login ke akun Google, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara melihat akun Google login di mana saja

Cara melihat akun Google login di mana saja.
  1. Buka Gmail atau Google Search, lalu ketuk ikon foto profil yang biasanya tertera di pojok kanan atas halaman.
  2. Kemudian, pilih opsi “Kelola Akun Google Anda” pada akun Google pribadi yang hendak dicek telah login di mana saja.
  3. Setelah itu, halaman pengaturan akun bakal terbuka.
  4. Pada halaman tersebut, pilih menu “Keamanan” dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Perangkat Anda”.
  5. Di opsi itu, Anda bakal bisa melihat semua perangkat yang login menggunakan akun Google.
  6. Selain itu, terdapat pula informasi lokasi dari perangkat tersebut ketika mengakses akun Google.

Cukup mudah bukan cara melihat akun Google login di mana saja? Demikianlah penjelasan seputar cara melihat akun Google login di mana saja melalui menu “Keamanan” yang terdapat di pengaturan akun.

Sebagai informasi tambahan, setelah melihat daftar perangkat yang telah login akun Google, Anda juga bisa logout atau mengeluarkannya dari sana. Untuk logout akun Google dari perangkat lain, caranya cukup mudah. Pada opsi “Perangkat Anda” di menu “Keamanan”, Anda tinggal pilih perangkat yang hendak dikeluarkan dari akun Google. Setelah itu, pilih opsi “Logout” dan akun Google milik Anda bakal dikeluarkan dari perangkat tersebut.

Demikian informasi tentang cara melihat akun google telah login di perangkat mana saja dengan mudah, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment