Cara Menggunakan Find My Buat Lacak IPhone, IPad, Atau AirPods Yang Hilang Dengan Mudah

Carauhuy.com – Di setiap perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, atau AirPods, terdapat satu fitur yang khas, yakni Find My. Lantas, apa fungsi Find My? Secara umum, fungsi Find My adalah membantu melacak keberadaan perangkat Apple.

Pengguna lama perangkat Apple mungkin tak asing lagi dengan fungsi Find My itu. Fungsi pelacakan pada Findy bisa dibilang cukup berguna untuk membantu menemukan perangkat Apple yang hilang atau berada di luar jangkauan pengguna.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Find My untuk membantu menemukan iPhone, iPad, atau perangkat Apple lainnya ketika hilang? Langkah awal menggunakan Find My adalah login Apple ID (akun Apple atau akun iCloud) di perangkat terlebih dahulu.

Bila telah login, umumnya Find My bakal otomatis aktif. Setiap perangkat Apple milik pengguna yang terhubung dengan satu Apple ID tersebut, semuanya akan bisa terdeteksi dan muncul di peta pada Find My. Peta pada Find My itulah yang berfungsi untuk menunjukkan titik lokasi keberadaan perangkat Apple terkini. Untuk melihat keberadaan perangkat Apple, Find My tak hanya bisa diakses melalui aplikasi, tapi juga website.

Jadi, apabila iPhone atau iPad hilang, pengguna masih bisa mencari atau melacak keberadaannya pada menu “Find My” di website “icloud.com”. Seandainya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menggunakan Find My, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara menggunakan Find My

  • Melacak iPhone dan iPad

Cara melacak iPhone atau iPad yang hilang melalui Find My (9apple.com).

Misal salah satu dari iPhone atau iPad yang telah terhubung dengan satu Apple ID hilang, pengguna bisa langsung melacaknya melalui aplikasi Find My. Caranya, buka aplikasi Find My yang terdapat di iPhone atau iPad.

Kemudian, lokasi semua perangkat Apple milik pengguna bakal muncul pada peta Find My. Di peta itu, pengguna bisa melihat perangkat Apple miliknya yang hilang. Mulai iOS 15, Bila perangkat itu dalam kondisi online, perpindahan lokasinya dapat dipantau secara real-time.

Jika offline, Find My akan menampilkan lokasi terakhir perangkat tersebut sejak terhubung dengan internet. Ketika iPhone atau iPad yang hilang terpantau masih berada di sekitar, pengguna bisa membunyikan nada dering pada perangkat itu melalui Find My. Untuk membunyikan nada dering, caranya ketuk perangkat Apple yang hilang di Find My dan bakal muncul menu pengaturan, lalu pilih opsi “Putar Bunyi”. Di menu itu, tersedia pula opsi menghapus semua data untuk mengamankan perangkat bila sudah sulit ditemukan.

  • Melacak AirPods

Cara melacak AirPods yang hilang melalui Find My (apple.com).

Untuk melacak AirPods yang hilang atau lupa ditaruh mana, caranya sama saja. Pengguna tinggal membuka Find My di iPhone, iPad, atau Macbook miliknya yang telah terhubung dengan satu Apple ID.

Lokasi keberadaan AirPods bakal dapat dilihat pula melalui peta yang terdapat di Find My. Bila lokasi keberadaan AirPods masih ada di sekitar, pengguna bisa mengakses opsi “Putar Bunyi” juga untuk memutar nada dering pada perangkat itu.

Itulah penjelasan lengkap seputar cara menggunakan Find My, baik untuk melacak iPhone atau iPad maupun melacak AirPods. Selain ketiga perangkat itu, Find My juga dapat dipakai buat melacak Macbook atau Apple Watch dengan cara yang serupa. Demikian informasi tentang cara menggunakan find my buat lacak iPhone, iPad, atau airpods yang hilang. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment