Cara Menyembunyikan Aktivitas Spotify Di HP Dan PC Agar Tidak Dilihat Followers Dengan Mudah

Carauhuy.com – Sebagai platform streaming musik populer, Spotify menawarkan banyak fitur untuk penggunanya. Salah satunya adalah fitur untuk berbagi aktivitas dengan teman pengguna Spotify.

Sesama pengguna Spotify bisa melihat aktivitas satu sama lain jika saling mengikuti (follow) akun Spotify. Misalnya ketika teman Anda mendengarkan musik tertentu, Anda dapat mengetahuinya melalui kolom “Friend Activity”.

Begitu juga sebaliknya, saat Anda mendengar musik, teman yang mem-follow akun Anda akan bisa melihat informasi yang sama. Fitur tersebut bisa juga menjadi sarana untuk saling berbagi musik kepada teman-teman lain secara tidak langsung. Informasi yang dibagikan juga cukup lengkap, seperti menyertakan judul lagu, nama penyanyi, dan dari album mana musik itu diputar.

Tampilan kolom Friend Activity di Spotify

Di foto profil pengguna terdapat titik biru dan di ujung kanannya terdapat ikon diagram. Ikon tersebut mengindikasikan bahwa Anda sedang memutar musik secara real time.

Sementara itu, bila Anda tidak sedang mendengarkan musik, notifikasi akan menunjukkan waktu terakhir Anda online. Notifikasi yang tertulis biasanya “3 hr” (3 jam yang lalu) atau “2d” (dua hari yang lalu) beserta informasi dari musik yang terakhir didengar. Umumnya, kolom “Friend Activity” ini muncul ketika mengakses Spotify di PC/komputer saja.

Sebagian pengguna mungkin ada yang tidak nyaman bila ada pengguna lain tahu musik apa yang sedang didengar, atau kapan terakhir kali aktif Spotify. Informasi-informasi di atas terkadang dianggap “privasi” sehingga harus dirahasiakan.

Tidak perlu khawatir, Spotify juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan aktivitas di platform. Caranya pengaturannya juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Namun, perlu dicatat bahwa pengaturan ini hanya tersedia untuk Spotify yang berbasis di smartphone, tablet, dan PC/komputer, tidak untuk Spotify versi web.

Cara menyembunyikan aktivitas Spotify di HP

Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat HP
  1. Buka aplikasi Spotify
  2. Klik Home di bagian bawah kiri
  3. Pilih logo roda bergerigi atau “Settings” di bagian kanan atas
  4. Gulir layar kebawah sampai menemukan kolom “Social”
  5. Ada pilihan “Listening activity”, klik bagian itu, maka mode tersebut akan dimatikan.
  6. Apabila ingin kembali mengaktifkan mode tersebut, langkahnya sama, Anda tinggal kembali mengeklik “Listening activity”.

Cara menyembunyikan aktivitas Spotify di PC/komputer

Cara menyembunyikan aktivitas di Spotify lewat PC/komputer
  1. Buka aplikasi Spotify di PC/komputer
  2. Pada bagian atas, terdapat panah bawah di sebelah username Spotify.
  3. Klik panah itu.
  4. Pilih “Settings” atau “Pengaturan”
  5. Gulir layar ke bawah sampai menemukan kolom “Social”
  6. Terdapat tulisan “Share my listening activity on Spotify”, matikan mode tersebut.
  7. Apabila warnanya abu-abu, tandanya mode tersebut sudah dimatikan.
  8. Bila ingin diaktifkan, klik kembali mode “Share my listening activity on Spotify”.
  9. Jika sudah berubah warna hijau, tandanya mode tersebut sudah diaktifkan.

Demikian informasi tentang cara menyembunyikan aktivitas Spotify di HP dan PC agar tidak dilihat followers dengan mudah, silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment