Pengertian Software, Fungsi, Dan Contohnya

Carauhuy.com – Software atau perangkat lunak komputer adalah seperangkat instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Software merujuk pada program yang terdapat dalam komputer dan hanya bisa dilihat, sehingga perangkat lunak tersebut tidak dapat dirasakan fisiknya seperti halnya perangkat keras.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang software, berikut ini Tim Carauhuy telah merangkum pengertian, fungsi hingga contoh-contoh software.

Pengertian Software

Dilansir dari Tech Target, software adalah sekumpulan instruksi, data, atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas tertentu. Istilah software merujuk pada aplikasi, skrip, dan program-program yang berjalan di perangkat.

Ketika pertama kali dikeluarkan, software hanya ditulis untuk komputer-komputer tertentu saja. Pada tahun 1980, software mulai dijual berbentuk floppy disk. Kemudian mengalami perkembangan menjadi bentuk CD dan DVD.

Saat ini, hampir semua software bisa dibeli dan diunduh langsung melalui internet. Perangkat lunak ini dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan-layanan aplikasi.

Perangkat lunak ini bekerja dengan memberikan arahan dan data yang dibutuhkan oleh komputer, sehingga software bisa melakukan tugasnya dan memenuhi kebutuhan pengguna. Terdapat dua kategori utama software, yakni software aplikasi dan software sistem.

Software aplikasi adalah perangkat lunak yang memenuhi spesifik atau melakukan tugas. Software aplikasi, berjalan dengan OS komputer dan program perangkat lunak sistem pendukung untuk bekerja.

Sementara software sistem dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi di atasnya. Berbeda dengan software aplikasi, pengguna tidak dapat berinteraksi langsung dengan software sistem.

Hal ini dikarenakan software sistem berjalan di latar belakang untuk menangani fungsi dasar komputer. Perangkat lunak sistem, dijalankan saat sistem komputer dinyalakan dan terus berjalan selama sistem aktif.

Fungsi software

Jika istilah perangkat lunak mengacu pada sekelompok instruksi, data, atau program dalam komputer, maka fungsi dari perangkat lunak adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan fungsi penting komputer, seperti ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung komputer agar dapat beroperasi
  2. Mengelola setiap hardware yang ada di komputer agar dapat bekerja secara bersamaan.
  3. Mengidentifikasi program-program yang ada di komputer
  4. Sebagai penghubung antara beberapa software dengan hardware yang ada di komputer
  5. Sebagai penerjemah ke dalam bahasa mesin agar hardware bisa memahami perintah-perintah yang dikirimkan oleh pengguna

Contoh-contoh software

Dalam sebuah komputer, terdapat berbagai macam software yang terinstal di perangkat. Beberapa yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna adalah sebagai berikut.

1. Software aplikasi

Cara mengatur format kertas di Word. (ballajack)

Perangkat lunak aplikasi menjalankan fungsi khusus untuk pengguna dan untuk beberapa aplikasi lain.

Contoh software aplikasi seperti office suite, software grafik, database dan program manajemen database, browser web, Microsoft Office Word, alat pengembangan software, program editor gambar, dan berbagai platform komunikasi.

2. Software sistem

Firmware

Perangkat lunak sistem dirancang untuk menjalankan program aplikasi dan perangkat keras komputer. Software jenis ini memberikan koordinasi aktivitas serta fungsi hardware dan software.

Selain itu, software system mengontrol pengoperasian hardware komputer dan menyediakan lingkungan atau platform untuk semua jenis software untuk bekerja.

Contoh perangkat lunak sistem adalah sistem operasi yang bekerja untuk mengelola semua program komputer. Contoh lain software sistem seperti firmware, penerjemah bahasa komputer, dan utilitas system.

3. Driver prangkat

Headphone

Software jenis ini bekerja untuk mengontrol perangkat dan periferal yang terhubung ke komputer. Contoh driver perangkat yang banyak digunakan oleh pengguna teknologi adalah USB, keyboard, headphone, dan printer.

4. Software pemrograman

Microsoft Visual Basic (Wikipedia)

Perangkat lunak jenis ini adalah software yang digunakan menulis kode. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pengguna dapat mengembangkan, menulis, dan mendebug program perangkat lunak lainnya.

Contoh perangkat lunak pemrograman seperti assembler, compiler, debugger, interpreter, Java, dan Microsoft Visual Basic.

Demikian informasi tentang pengertian software, fungsi, dan contohnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment